Studi Tiru ZI, Kemenag Rembang Sharing Pengalaman Pembangunan ZI

Rembang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati tengah bersama-sama melaksanakan pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2022.
Untuk berbagi pengalaman pembangunan ZI ini, tim ZI Kemenag Pati mengadakan silaturahim dan studi tiru ZI pada Selasa (18/1/2022) di aula gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kemenag Rembang.

Kunjungan tim ZI Kemenag Pati ini dipimpin oleh Kepala Kemenag Kabupaten Pati, Ali Arifin, dan diterima oleh segenap jajaran tim ZI Kemenag Rembang yang dipimpin oleh Kakankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah.

Dalam forum ini, Fatah menyampaikan beberapa tahapan penilaian ZI menuju WBK yang telah dilakukan pada tahun 2021. “ZI ini terdiri atas enam area perubahan, yaitu manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Kasubag Tata Usaha Kemenag Rembang selaku Ketua tim ZI Kemenag Rembang, Moh. Mukson memaparkan beberapa program inovasi layanan dan kegiatan Kemenag Rembang. Antara lain Sensasi Kita, Kembang Podcast, Si Playon, Si Viral, Si Layar, dan lainnya. “Tahun ini kita mencoba membuat inovasi-inovasi lainnya sebagai wujud peningkatan layanan kita kepada masyarakat,” ungkap Fatah.

Ali Arifin menyampaikan terima kasih atas sambutan dari Kemenag Rembang. Ali mengatakan, kunjungan ini dalam rangka berbagi pengalaman atas pelaksanakan ZI di Kemenag Rembang. “Kami ingin tahu langkah-langkah apa saja yang sudah dilakukan oleh Kemenag Rembang. Sehingga kami bisa mempunyai gambaran yang jelas. Selain itu kunjungan kami juga dalam rangka silaturahim,” ujar Ali Arifin.

Acara ini diisi dengan sesi tanya jawab dari tim ZI Kemenag Pati ke tim ZI Kemenag Rembang. Harapannya, Kemenag Pati dan Kemenag Rembang bisa bersama-sama meraih predikat WBK pada tahun 2022. (iq/rf).