TIK Adakan Pendampingan e-RKAM di MTs Al-Madinah Sarang

Rembang – Tim Inti Kantor kementerian Agama Kabupaten Rembang tahun ini mengadakan pendampingan kepada 20 madrasah di Rembang. Pendampingan ini terkait pengisian Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Elektronik Rencana Kerja Anggaran Madrasah (e-RKAM).

Pendampingan ini pertama kali dilaksanakan di MTs Al Madinah, Sarang pada Rabu (12/2/2022) oleh Tim Inti Kabupaten (TIK) Chaizatul Chasanah.

Materi yang disampaikan dalam pendampingan ini yaitu Evaluasi Diri Madrasah, penganggaran berbasis kinerja, standar analisa belanja, hirarki perencanaan dan penganggaran strategik, analisis permasalahan dalam pencapaian visi dan misi dan benang merah antara EDM dan e-RKAM.

Chaiza mengatakan, EDM adalah satu proses penilaian mut penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan di tingkat madasah berdasarkan indikator-indikator  kunci yang mengacu pada 8 standar nasional pendidikan (SNP).

“Hasil EDM ini akan digunakan sebagai bahan untuk menetapkan jenis-jenis program/kegiatan prioritas dalam penyusunan e-RKAM,” kata Chaiza di hadapan peserta.

Iza menandaskan, untuk pengisian EDM ini diperlukan kesamaan dan keterbukaan atas kelebihan dan kekurangan di madrasah antara Kepala Madrasah, guru, tenaga kependidikan, komite madrasah, siswa hingga orang tua siswa.

“Dengan identifikasi ini, penyusunan e-RKAM akan lebih tepat sasaran,” tandasnya.

Sementara penyusunan e-RKAM ini berfungsi untuk menyediakan informasi keuangan berupa dokumen perencanaan, penatausahaan dan pelaporan yang akurat, tepat waktu, akuntabel, transparan, efektif dan efisien. — iq/rf