UPZ Kemenag Klaten Distribusikan Rp. 212.100.000 Zakat ASN

Klaten – Kemenag Klaten melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kemenag Klaten mengadakan pendistribusian zakat pegawai/ASN yang bertempat di Aula Al Ikhlas Kemenag Klaten, Jumat, (31/12).

Anif Solikhin, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten mengatakan, pendistribusian yang diberikan kepada mustahik berasal dari pengumpulan Zakat, Infak dan Sodaqoh (ZIS) pada ASN Kemenag Klaten.

Seluruh ASN Kemenag Klaten sudah berzakat 2.5% dari gaji dan tunjangan dan diserahkan ke Badan Amil Zakat secara keseluruhan, namun dalam penyalurannya yang 40% diserahkan ke Badan Amil Zakat Kabupaten, yang 60% disalurkan oleh UPZ Kantor Kemenag Kabupaten Klaten.

“ASN Kemenag Klaten yang beragama Islam sudah langsung diambil zakatnya tiap bulan, dan salah satu programnya adalah pemberian santunan kepada fakir miskin, sabilillah dan ghorim semoga bisa bermanfaat,” tandas Anif.

Selanjutnya, kegiatan ini digelar selama empat kali dalam satu tahun, dan UPZ Kemenag Klaten menyalurkan zakat ASN kepada yang berhak menerimanya, semoga Kemenag bisa menjadi teladan bagi instansi lainnya di Klaten.

Penerima zakat agar bisa menggunakan dana sesuai dengan kebutuhannya, tidak digunakan untuk keperluan yang kurang begitu mendesak, serta berharap agar membayar zakat bisa menjadi budaya masyarakat Klaten.

 “Kami berharap membayar zakat menjadi budaya di Klaten, dari potensi zakat ini bisa digunakan sesuai kebutuhan produktivitas masyarakat, seperti penanggulangan kemiskinan,” ajak Kakankemenag.

Selanjutnya, Penyelenggara Syariah Faizatul Umma menambahkan, Kemenag melalui PAI/ Penyuluh Agama Islam dan BAZNAS Klaten bersinergi untuk meningkatkan kesadaran umat untuk sadar zakat.

“Kami mohon doanya agar seluruh ASN yang telah berzakat, menjadi harta yang barokah, juga selalu diberikan kesehatan lahir batin untuk sadar membayar zakatnya kemudian yang disalurkan ke bapak/Ibu dan anak-anak semua juga bermanfaat, barokah. Semuanya mendapatkan manfaat barokah berkah dari Allah SWT,” imbuhnya.

Untuk tahun ini UPZ Kemenag Klaten dari Zakat ASN mendistribusikan kepada fakir miskin, sabilillah, total yang disalurkan sebesar Rp.212.100.00.(aj/Sua)