Wujudkan Lulusan Berkualitas, KKMI Luncurkan Program ‘Mumtaza’

Rembang – Sebagai upaya untuk menciptakan peserta didik berkualitas unggul, Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kabupaten Rembang meluncurkan program unggulan Mumtaza (Murid MI Tahfidz Juz ‘Amma) pada Rabu (12/1/2022) di Tempuran, Blora.

Program ini secara resmi diluncurkan bersamaan dengan rapat koordinasi KKMI oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, M. Fatah di Tempuran, Blora. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Moh. Mukson dan seluruh Kepala MI se-Kabupaten Rembang.

Menurut Fatah, program ini merupakan program unggulan yang paling keren. “Saya sangat mengapresiasi program ini. Program unggulan yang menurut saya paling keren. Karena untuk mewujudkan misi terbentuknya lulusan madrasah yang berkualitas,” kata Fatah.

Dikatakan Fatah, dengan adanya program ini, akan mendorong siswa MI untuk gemar mengaji, utamanya setelah magrib. “Program ini bisa mendorong siswa untuk semakin mencintai Al-quran dan mengisi waktu mereka dengan mengaji. Sehingga akan membentengi siswa dari pengaruh negatif pergaulan. Siswa tak lagi mengisi waktunya hanya dengan bermain gawai. Tapi perhatian akan teralihkan dengan menghafal Alquran, yaitu diawali dengan surat-surat Juz amma,” paparnya.

Moh. Mukson yang turut menginisiasi program unggulan ini mengatakan, madrasah diminta untuk menerapkan program ini. Sehingga semua lulusan MI di Rembang sudah hafal juz ‘amma. Pihaknya meminta segenap Kepala MI untuk bersungguh-sungguh mengawal program ini.

Ketua KKMI Kabupaten Rembang, Badrudin mengatakan, program Mumtaza ini merupakan program kearifan lokal KKMI Kabupaten Rembang. “Semua MI di Rembang akan menerapkan program ini dan masuk dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) masing-masing madrasah. Harapannya, program ini akan berperan dalam membentuk generasi yang unggul dalam akademik dilandasi dengan nilai-nilai Alquran,” ungkapnya. (iq/rf)