Bangun ZI, PAIF Adakan Bimtek Ukur Arah Kiblat di KUA Pancur

Rembang —  Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Penyuluh Agama Islam Fungsional Kankemenag Kabupaten Rembang membuat program pelatihan ukur arah kiblat bagi para staf dan Penyuluh Agama Islam Honorer di setiap KUA.

Hal ini sebagaimana yang dikemukakan oleh Ketua Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam (Pokjaluh) Kemenag Rembang, Siti Muthamainnah pada Senin (7/2/2022). Muthmainnah mengatakan, pelayanan kepada masyarakat dalam hal ukur arah kiblat adalah wujud dari pembangunan Zona Integritas Kemenag Rembang.

“Kami ingin berkontribusi dalam pembangunan Zoa Integritas dengan meningkatkan pelayanan di bidang ukr arah kiblat,” kata Muthmainnah.

Sebagai tindak lanjut program ini, pada Jumat (4/2/2022) lalu, PAIF mengadakan kegiatan Anjangsana di KUA Kecamatan  Pancur. Selain anjang sana, juga diadakan Bimtek Penentuan arah Kiblat. Bertindak sebagai pemateri yaitu Bapak Fatkhur Rahman (Anggota PAIF Kankemenag Kabupaten Rembang).

Kegiatan ini merupakan salah satu Progam Baru Pokjaluh Kantor kementerian Agama Kabupaten Rembang, yang saat ini di pimpin oleh Ibu Muthamainnah. Sasaran dalam kegiatan ini adalah Penyuluh Agama Islam Honorer serta Staff Pegawai KUA di wilayah kabupaten Rembang

Kegiatan yanng berlangsung di musala KUA Pancur ini disambut hangat oleh Kepala KUA Pancur, Asmui. Fatkhur Rahman menyampaikan cara menentukan azimut kiblat kemudian dilanjutkan praktik menentukan arah kiblat dengan menggunakan alat “theodolite” di depan Musholla KUA Pancur.

Fatkhur Rahman menjelaskan, bimbingan ini bertujuan agar Penyuluh Agama Islam mengetahui metode penentuan arah kiblat, sehingga bisa membantu masyarakat dalam menentukan arah kiblat. “Harapan kami semoga penyuluh agama islam selalu siap jika diminta masyarakat untuk membantu menentukan arah kiblat,” jelasnya. (Mujib/iq/rf)