IAIN Kudus Sosialisasikan PMB

Rembang – IAIN Kudus mengadakan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru kepada Kepala Madrasah Aliyah di Kabupaten Rembang pada Rabu (2/2/2022). Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang.

IAIN Kudus sebagai lembaga perguruan tinggi keagamaan yang berada di bawah naungan Kementerian Agama telah beberapa tahun mengadakan kerja sama dengan Kemenag Rembang terkait dengan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru ini.

Turut hadir dalam acara ini Kakankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah, Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, Abdul Karim, dosen Hasan Sadzili, dan Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Rembang, Syadullah. Selain itu juga 21 Kepala MA negeri dan swasta se-Kabupaten Rembang.

Fatah mengatakan, sosialisasi PMB IAIN Kudus penting untuk diketahui Kepala MA sejak dini. Karena siswa MA banyak yang masih bingung untuk menentukan jurusan yang tepat memasuki Perguruan Tinggi.

“Banyak siswa di kelas 12 yang masih bingung untuk menentukan di jurusan apa ia akan meneruskan pendidikan di perguruan tinggi. Ini tugas Kepala Madrasah dan guru untuk membantu mendampingi siswa mengatasi persoalan tersebut. Berbagai jurusan di IAIN Kudus bisa menjadi pilihan,” kata Fatah.

Sementara Abdul Karim menjelaskan tentang proses pendaftaran mahasiswa baru di IAIN Kudus. “Siswa bisa memilih jurusan yang diminati. Pendaftaran bisa dilakukan secara online,” kata Abdul Karim.

Ditambahkannya, salah satu syarat adalah madrasah harus mempunyai nomor statistik madrasah (NSM) dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). – iqo/iqo/rf