Kakankemenag Bersama Sekda, Jadi  Saksi Pelantikan Pimpinan Baznas Kota Salatiga

Salatiga — Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag)  Kota Salatiga bersama Sekda Kota Salatiga jadi saksi pada Pelantikan Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Salatiga periode 2022-2027 di rumah dinas Walikota Salatiga.

Tampak hadir Walikota Salatiga, Pimpinan Baznas  Provinsi Jawa Tengah, Sekda, Forkompimda, Kepala PA, Kepala Kemenag dan Kepala OPD di Kota Salatiga.

Pimpinan Baznas Kota Salatiga periode 2022-2027 , dijabat oleh Drs. H. Darmanto sebagai  Ketua , adapun sejumlah pengurus yang lain  diantaranya Ari  Hidayah Iswanto, Wakil Ketua Bidang Pengumpulan  Administrasi, SDM dan Umum. Yuhdi Wakil Kabid Pendistribusian, Pendayagunaan, Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan.

Pimpinan Baznas Kota Salatiga dilantik oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto dalam sambutannya mengatakan terima kasih kepada Pimpinan Baznas Kota Salatiga yang telah melaksanakan tugasnya.

“Kepada Saudara Fathan Budiman saya juga menyampaikan terima kasih  atas pengabdiannya sebagai pimpinan Baznas Kota Salatiga periode 2017-2022, “ kata Walikota.

“Saya mengajak kepada pimpinan Baznas yang baru untuk selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Salatiga. Bisa ke Dinas Pendidikan, Kesehatan,Koperasi dan lainnya agar kinerja Baznas terukur. Seperti apa yang disampaikan Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah, jangan jalan sendiri. Semoga keberadaan Baznas Kota Salatiga semakin dirasakan oleh masyarakat,” harap Yuliyanto.

“Sebagai badan pengelola zakat, Baznas Kota Salatiga merupakan mitra strategis Pemerintah kota Salatiga dalam upaya penanggulangan kemiskinan di kota Salatiga,  terlebih lagi sealama masa pandemi covid 19, angka kemiskinan di kota Salatiga mengalami kenaikan. Pada tahun 2019 angka kemiskinan di kota Salatiga mencapai 4,76%, tahun 2020 naik menjadi 4,94 % dan tahun 2021 naik lagi menjadi 5,14%. Berdasarkan hasil tersebut perlu ada upaya yang lebih giat untuk bersama-sama, bergotong royong dalam menanggulangi kemiskinan di kota Salatiga, baik oleh Pemerintah kota Salatiga maupun dukungan dari berbagai Instansi termasuk juga Baznas kota Salatiga,“ tambah Walikota.

Sebelumnya Dr.KH. Daroji Pimpinan Baznas Provinsi Jawa Tengah mengawali sambutannya mengatakan pengaruh zakat terhadap kehidupan. “Bapak Ibu sudah mengalami seperti saya , bahwa Allah akan selalu menggantikan zakat yang kita keluarkan dengan yang lebih banyak lagi. Bapak ibu  juga pasti sepakat dengan saya, bahwa Allah pasti akan menumbuh kembangkan rizki pemberi zakat dan tidak ada orang yang berzakat jatuh miskin,” katanya.

Dr. KH. Daroji juga mengingatkan kepada Pimpinan Baznas  Kota Salatiga untuk mendukung program Pemerintah  Kota Salatiga. “Bapak dilantik menjadi Baznas membantu Walikota buka merasa bebas berdiri sendiri , bapak bertiga nanti bertanggung jawab kepada Walikota dan Baznas Provinsi  Jawa Tengah. Selanjutnya kepada pimpinan yang telah menyelesaikan tugas, saya sampaikan terima kasih atas pengabdiannya,” pesannya.(Humas_Khusnul-Fitri/Sua)