Kakankemenag Klaten Bekali Catin Konsep Penguatan Pernikahan

Klaten – KUA Karanganom menyelenggarakan bimbingan perkawinan Kelas Calon Pengantin Online Karanganom Mantap dan Unggul (KeCanTOL KaMU) XI pada Jumat, (4/2) pukul 08.00-11.00 WIB.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Karanganom Muslih mengatakan, untuk KeCanTOL KaMU di bulan Februari ini  merupakan kelas yang ke XII.

“Ini merupakan bentuk pelayanan dari KUA Karanganom untuk menjawab permasalahan yang terjadi yaitu angka perceraian yang tinggi di kabupaten Klaten. Demikian juga permasalahan tingginya Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), dan angka stunting yang menjadi tupoksi dari Puskesmas Karanganom,” tandas Muslih.

Bimwin (Bimbingan Perkawinan) secara virtual ini sangat membantu sekali bagi catin yang akan memasuki bahtera rumah tangga, karena didalamnya terdapat pengetahuan seputar kehidupan sebagai suami istri.

Selanjutnya, Kakankemenag Klaten, Hariyadi memberikan materi penguatan bagi catin berupa motivasi menikah bahwa konsep dalam pernikahan ada empat, yang salah konsepnya adalah pernikahan merupakan mitsaqan ghalidha (perjanjian agung) antara laki-laki dan wanita sehingga harus dijaga dan dipertahankan hingga akhir hayat.

“Keduanya harus berinteraksi dan bergaul dengan cara yang makruf (mu’asyarol bil ma’ruf). Secara fitrah laki-laki dan wanita yang terikat dalam pernikahan menjadikan mereka berpasangan (zawaj).  Ketika ada pertikaian dan perselisihan maka kedua belah pihak hendaknya melakukan komunikasi dan musyawarah,” jelas Hariyadi.

“Kami mengimbau agar bimbingan perkawinan KeCanTOL KaMU ini bisa ditindaklajuti oleh KUA di 25 kecamatan yang lain di Kabupaten Klaten,” pintanya.

Materi yang disampaikan sejalan dengan permasalahan-permasalahan yang terjadi sebagai bekal bagi catin menjalani bahtera rumah tangga. Materinya adalah Etika Perkawinan dan Pembinaan Keluarga Sakinah oleh Hj. Herita Nur  Fatmawati, S.Ag (Penyuluh Agama Islam Fungsional), Undang Undang Perkawinan oleh Indira Rahma Annisa, SH (Pendiri Taman Baca Widya Anatar Karanganom), penjelasan aplikasi Elsimil oleh Ir. Istighfarin, MM, dan Kesehatan Reproduksi Calon Pengantin oleh Pipit Sri Handayani, SST. Bdn. (Bidan Koordinator Puskesmas Karanganom).(mh_aj/Sua)