Madrasah Agar Segera Laporkan Realisasi BOS 2021

Rembang – Madrasah diminta segera mengisi realisasi anggaran BOS tahun 2021 di aplikasi e-RKAM. Permintaan ini terutama ditujukan kepada madrasah yang sudah mengikuti Bimbingan Teknik (Bintek) EDM dan Elektronik Rencana Kerja Anggaran Madrasah (e-RKAM).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Rembang, Sya’dullah dalam kegiatan Sosialisasi POS UM jenjang MA yang diadakan pada Kamis (24/2/2022) di aula PLHUT Kemenag Rembang.

 Sya’dullah mengatakan, dengan pengisian (upload) realisasi BOS tahun 2021 tersebut, akan mempermudah madrasah untuk mendapatkan BOS afirmasi atau BOS kinerja taun 2022.

BOS afirmasi diberikan kepada satuan pendidikan dasar dan menengah yang diselenggarakan oleh pemerintah di daerah tertinggal, terdepan dan terluar guna meningkatkan mutu pembelajaran. Sementara BOS Kinerja diberikan kepada satuan pendidikan dasar dan menengah sebagai bentuk penghargaan atas kinerja baik dalam menyelenggarakan layanan pendidikan.

“BOS afirmasi ini lebih ditujukan untuk madrasah-madrasah kecil. Dengan harapan, madrasah akan lebih meningkatkan kualitasnya,” kata Syadullah.

Selain itu, Sya’dullah meminta madrasah untuk segera menyelesaikan SPJ BOS. Laporan ini sebagai bentuk ketertiban administrasi dan untuk mempersiapkan diri jika ada pemeriksaaan. “Kami minta SPJ BOS agar segera diselesaikan. Sebab tahun ini aka nada pemeriksanaan oleh BPK. Salah satu MA akan menjadi obyek pemeriksaan,” kata Sya’dullah.

Rapat koordinasi dan Sosialisasi POS UM ini diikuti oleh Kepala MA se-kabupaten Rembang. Hadir pula pada acara ini Pengawas Madrasah, Nur Kholis, Tasi’ah Khoiriyah dan Agung Suharto. — iq/rf