MAN 2 Rembang Selenggarakan Uji Kompetensi Hafalan Siswa

Rembang–Seorang siswa dipanggil oleh pembawa acara sesuai dengan urutan. Tak lama kemudian ia diminta oleh salah seorang tim penguji untuk menghafalkan sebuah surat. Secara total ada tiga surat yang harus dihafalkan di depan penguji dari total 24 surat yang sudah ditetapkan.

Ini merupakan kegiatan dari Uji Kompetensi Hafalan (UKH) yang diselenggarakan oleh MAN 2 Rembang pada Sabtu (5/2/2022). Ujian ini dilaksanakan setelah proses Uji Kompetensi Bacaan (UKB) Alquran dalam program Majelis Muta’allimil Qur’an atau MMQ. Para peserta UKH ini tampak antusias dan sungguh-sungguh mempersiapkannya.

Koordinator MMQ MAN 2 Rembang, Nurhaqiqi, menjelaskan, MMQ diikuti oleh siswa kelas X dan XI. Untuk kelas X kegiatan berupa bimbingan baca Alquran bagi siswa yang belum lancar dan belum bisa sama sekali dalam membaca Alquran. Sementara untuk kelas XI dengan hafalan surat pendek.

Secara prosedur, siswa kelas XI yang sudah hafal surat yang ditetapkan tersebut dapat menghubungi walikelas. Kemudian wali kelas yang telah menyetujui akan mendaftarkan kepada admin MMQ dan akan dibuat daftar siswa yang ditetapkan menjadi peserta. Terdapat 20 siswa mengikuti UKH yang dilaksanakan di aula madrasah tersebut.

Nurhaqiqi mengatakan, surat-surat pendek menjadi bahan ujian karena biasanya merupakan surat yang biasa dibaca ketika sholat. Jadi ketika suatu saat nanti diminta untuk menjadi imam sholat, dia tidak kesulita. “Ujian ini juga kami lakukan secara terbuka sekaligus menjadi ujian mental dan melatih keberanian siswa di depan umum,” ujar Nurhaqiqi saat dimintai keterangan.

“Kami berharap seluruh siswa kelas XI bisa lulus ujian ini. Peserta yang lulus insyaallah akan mendapatkan sertifikat dari madrasah,” imbuhnya.

Kegiatan Uji Kompetensi Hafalan ini merupakan bagian dari program Majelis Muta’allimil Qur’an (MMQ) yang mulai dijalankan tahun ajaran 2021/2022 ini. MMQ ini unit dari Program Percepatan Prestasi dan Peningkatan Mutu (P4M) madrasah yang menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan mutu siswa MAN 2 Rembang.(huda/iq/rf).