MAN 2 Rembang Sosialisasikan Ujian Madrasah kepada Orang tua Siswa

Rembang — Kegiatan pembelajaran aktif peserta didik kelas XII akan segera berakhir. Pada bulan Maret 2022, akan diselenggarakan Ujian Madrasah (UM) dengan landasan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 455 Tahun 2022 tentang Prosedur Operasional Standar (POS)  Penyelenggaraan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022.

Untuk menyukseskan ujian madrasah ini, MAN 2 Rembang menyelenggarakan Sosialisasi Ujian Madrasah kepada orangtua/wali peserta didik kelas XII, Sabtu (26/2/2022). Hadir pada kesempatan tersebut kepala madrasah, H. Kasnawi yang didampingi kepala TU, waka kurikulum, serta panitia ujian madrasah.

Kasnawi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan sosialisasi ini tidak hanya dalam rangka kepentingan ujian madrasah semata. Lebih dari itu, yang terpenting adalah silaturahim antara orangtua/wali dengan pihak madrasah. Terutama penjelasan kepada orangtua/wali tentang keadaan PTM terbatas pada jenjang kelas XII.

“Kami dari pihak madrasah telah mengambil langkah-langkah strategis agar siswa kelas XII nantinya dapat melaksanan ujian madrasah dengan aman, nyaman, sehat, serta tidak ada cluster penyebaran Covid-19 di madrasah,” katanya.

Kasnawi menambahkan, kegiatan ujian madrasah akan dibiayai dari BOS sehingga tidak menarik iuran dari siswa. Sebagai kepedulian kepada siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, madrasah juga telah memfasilitasi dengan melakukan pendampingan kepada sejumlah 271 siswa yang siap melanjutkan kuliah.

Mereka dibekali dan melaksanakan bimbingan belajar bekerja sama dengan tim bimbel Airlangga selama 1 minggu. Selain itu juga telah dilaksanakan Try Out UTBK dua kali hasil kerjasama dengan Edubrand. Ini sebagai persiapan untuk menghadapi SBMPTN tahun ini.

“Semoga kiat dan ikhtiar yang dilakukkan ini dapat membuahkan hasil, dengan target 125 sampai 150 siswa bisa diterima di PT dan PTKIN favorit,” pungkas Kasnawi.

Pada kesempatan tersebut kepala madrasah juga memimpin doa dan dzikir bersama orangtua/wali dengan harapan para siswa mendapat kekuatan spiritual dari bapak/ibu guru dan orangtua, serta berharap pelaksaan ujian dapat berlangsung dengan lancar.

Ujian madrasah akan dilaksanakan pada tanggal 21 sampai 30 Maret 2022 yang diikuti oleh 439 siswa. Rencananya, sebelum pelaksanaan ujian madrasah, akan diselenggarakan do’a bersama sekaligus peringatan Isra’ Mi’raj pada 18 Maret 2022. – huda/iq/rf