Pengawas Sasar MTsN 1 sebagai PKKM

Rembang – Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) oleh tim penilai dari Kantor Kemenag Kabupaten Rembang kini menyasar MTsN 1 Rembang. PKKM ini digelar pada Rabu (16/02/22).  Tiga anggota tim yang terdiri dari Pengawas Madrasah Nurkholis, Tasi’ah dan Agung melakukan penilaian di ruang digital MTs N 1 Rembang. 

“Terimakasih atas kunjungan pengawas pembina untuk menilai kinerja tahunan. Berharap saya selaku kepala madrasah dan juga guru-guru bersemangat dalam meningkatkan kinerja di Madrasah. Kami bersyukur dan semoga kegiatan PKKM ini terlaksana dengan baik,” sambut Kepala Madrasah, Imam Suyono

Nur Kholis mengatakan, pelaksanaan PKKM ini merupakan evaluasi berkala yang dilakukan Kemenag Rembang dalam rangka meningkatkan kualitas madrasah secara terus menerus. “Tujuan kami untuk  menilai kinerja kepala madrasah, dan kinerja guru di MTsN 1 Rembang membantu mengevaluasi, supaya meningkatkan kinerja, juga meningkatkan prestasi,” jelas Nur Kholis.

Imam menyampaikan capaian kinerja dan prestasi selama satu tahun terakhir MTsN 1 Rembang berhasil mencapai peringkat ke-11 untuk Madrasah Berprestasi se-Jawa Tengah. ” Tahun 2021 kami meraih medali sekitar 600 medali, Januari 2022 kami sudah mengantongi 310 peraihan medali. Selain itu Pencapaian yang telah kami dapat sebagai Madrasah Adiwiyata tahun ini supaya bisa berkelanjutan hingga tingkat nasional,” papar Imam. 

Ditambahkan Pengawas, Agung, kegiatan ini merupakan evaluasi berkala. Selain tujuan kami menilai Kepala Madrasah, guru dan juga mengevaluasi hal yang sudah ada dan belum ada di MTsN 1 Rembang. Untuk prestasi Madrasah harus bisa mempertahankan justru malah bisa meningkatkannya,” pesan Agung. 

Tim Penilai Kepala Madrasah memiliki instrumen yang harus diisi yakni: biodata Kepala Madrasah, usaha pengembangan madrasah, manajerial, kewirausahaan, dan supervisi. Sedangkan instrumen yang dinilai pada kinerja Kepala Madrasah terdiri atas: biodata Kepala Madrasah, prestasi peserta didik, prestasi pendidik dan tenaga kependidikan, prestasi madrasah dan prestasi kepala madrasah.  — budi/iq/rf