Pentingnya Menyeimbangkan Prestasi dan Organisasi

Salatiga — Kakankemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman melantik Pengurus Seksi Kerohanian Islam (SKI)/ROHIS masa khidmat 2022-2023 pada hari Rabu, 16 Februari 2022 di Aula SMKN 2 Salatiga. Hadir tuan rumah Kepala SMKN 2 Salatiga, Nanik Sundari, Pengawas PAI SMA/SMK, Wahid Hasim, Ketua MGMP PAI SMK, Untoro, Ketua MGMP PAI SMA, Jaka Rebawa dan pengurus MGMP PAI Kota Salatiga.

Dalam sambutannya, Kakankemenag Kota Salatiga menyampaikan pentingnya menyeimbangkan prestasi dan organisasi. “Prestasi akademik dan non akademik dibutuhkan sebagai bekal masa depan, tapi organisasi tidak kalah pentingnya sebagai bekal hidup di masa yang akan datang,” jelas Taufiqur Rahman.

Beliau juga berpesan kepada Ketua ROHIS yang baru saja dilantik, Irfan Prihardana Bayu, (SMKN 2) untuk berperan sebagai imam dan dapat menjaga kondusivitas tim. “Di dalam organisasi, pasti ada perbedaan sudut pandang atau perspektif, maka dari itu di dalam organisasi, pengurus harus dapat belajar memahami orang lain. Ketua harus bijak, jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan, dan mendengar semua masukan,” pesan Taufiq.

Ditambahkannya, SKI merupakan organisasi tempat menambah pengalaman dan pengetahuan ilmu agama, maka dalam mengadakan kegiatan apapun yang melibatkan narasumber hendaknya mencari orang yang moderat, dengan ciri-ciri sebagai berikut : memiliki komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan penerimaan terhadap tradisi. 

Penetapan Pengurus SKI/ROHIS tertuang dalam SK Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Nomor 54 Tahun 2020. Dalam SK tersebut dijabarkan bahwa tugas pengurus SKI adalah wajib menjunjung tinggi dan mengembangkan nilai-nilai Islam rahmatan lil ‘alamin dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila  Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika, keadilan, kemanusiaan, toleransi, keikhlasan, kebersamaan dan nilai-nilai luhur lainnya.

Kemudian dalam pelantikan di hadapan Kakankemenag Kota Salatiga, pengurus SKI bersedia untuk selalu bertakwa kepada Allah SWT, berbakti kepada orang tua dan para guru, berakhlakul karimah, menjunjung tinggi nama baik almamater ROHIS, bersedia mengabdi, meluangkan waktu, dan melaksanakan tugas sebagai pengurus ROHIS.

Sementara itu dalam sambutan sebagai tuan rumah, Kepala SMKN 2 Salatiga berpesan kepada pengurus SKI untuk menjaga amanah dengan baik. “Jagalah amanah ini dengan baik, benar, dan hidupkan SKI di Kota Salatiga. Semoga Allah meridhoi anak-anak semua menjadi generasi penerus berakhlakul karimah dan selalu pegang teguh iman islamnya,” pesannya.(Humas_Fitri-Khusnul/Sua)