Penyuluh Berperan Penting Dalam Moderasi Beragama

Klaten – Kakankemenag Klaten, Hariyadi menaruh harapan besar kepada seluruh komponen penyuluh untuk terus mensosialisasikan moderasi beragama, ini menjadi topik yang diperhatikan pemerintah. Tercermin dan dimasukkan penguatan moderasi beragama sebagai program kerja Kementerian Agama.

Agama membawa kedamaian dan kasih sayang, agama tidak membawa kekerasan, karena agama diturunkan untuk mensejahterakan kehidupan manusia di muka bumi ini.

Hal ini disampaikan Hariyadi dalam kegiatan Rakor rutin Pokjaluh Agama Islam (PAI) yang diikuti oleh seluruh penyuluh Kemenag Kabupaten Klaten, bertempat di RM Bu Saroh Klaten, Kamis (27/1).

“Program prioritas Kementerian Agama, terutama moderasi beragama, ini hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, moderasi beragama harus menjadi pengaruh utama dalam setiap kegiatan dan penyuluh menjadi garda terdepan,” tandas Hariyadi.

Penyuluh kemenag langsung berinteraksi dengan masyarakat, sehingga peran penyuluh sangatlah  strategis dalam mengembangkan gerakan moderasi beragama.

“Disamping itu, PAI di Kemenag kepanjangan tangan pemerintah, tugas penyuluh juga  mensosialisasikan setiap kebijakan pemerintah agar bisa dipahamai dengan baik oleh masyarakat,” tegasnya.

Kami meminta agar setiap PAI untuk membangun sinergi kerjasama dengan para stakeholder baik di tingkat desa, kecamatan juga kabupaten.

“PAI memiliki potensi lebih dalam menyampaikan program pemerintah lebih efektif di lingkungan masyarakat,” jelasnya.

Sehingga, mampu berkontribusi dalam memperkokoh ukhuwah Islamiyah dan persatuan NKRI, dengan berbagai perkembangan dan dinamika yang ada saat ini, penyuluh mendukung pembangunan Indonesia seutuhnya.(sm_aj/Sua)