Persiapan PPDB, MAN 2 Rembang Mantapkan Sistem Pendaftaran Online

Rembang — Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah semakin dekat. Sekolah dan madrasah mulai menggeliat menyambut “gawe” besar ini. MAN 2 Rembang telah melakukan berbagai persiapan agar kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar. Secara total, madrasah ini akan menerima 432 peserta didik baru pada tahun pelajaran 2022/2023.

Sebagai madrasah favorit di wilayah Rembang dan sekitarnya, MAN 2 Rembang selalu kebanjiran pendaftar dan respon baik dari masyarakat. Untuk itu, perlu persiapan matang untuk menyambutnya. Salah satu yang dipersiapkan adalah dalam hal sistem pendaftaran.

Untuk mematangkannya, digelar simulasi dan uji coba sistem pada hari Jumat (25/2/2022). Kegiatan ini panitia PPDB bidang input data. Pada tahun sebelumnya sudah menggunakan sistem yang hampir sama namun ada beberapa fitur yang belum jalan.

Andi Dwi Indira Kurniawan, anggota tim input PPDB mengatakan, pada sistem yang baru ini ditambahkan fitur baru untuk semakin memudahkan dalam penginputan. Misalnya pada form data diri ada perlu ditambah apa, dikurangi apa atau ada yang perlu diganti. Form alamat, data orangtua, termasuk wali apakah diperlukan atau tidak.

“Salah satu yang membedakan dengan sistem tahun dan cukup krusial adalah adanya fitur input nilai. Jadi yg membedakan adalah form nilai karena itu merupakan kriteria untuk menyaring siswa terutama yang mendaftar pada jalur prestasi yang harus input nilai raport semester tiga sampai lima,” kata Andi.

Secara umum, fitur yang terdapat dalam sistem pendataan ini meliputi biodata siswa, biodata orangtua, nilai, dan berkas. Siswa bisa mendaftar secara online dari rumah masing-masing melalui sistem ini. Adapun langkahnya adalah membuat akun dan kemudian mengisi form yang ada. “Akan ada pilihan apakah mendaftar pada jalur prestasi atau reguler. Siswa juga diminta mengunggah berkas-berkas yang diperlukan,” terangnya lanjut.

Semua data yang telah dikirim siswa melalui sistem online akan secara otomatis masuk ke dalam sistem database bersama data yang diinput petugas bagi siswa yang mendaftar langsung di madrasah. Tentu ini akan memudahkan tugas panitia mengingat berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, ratusan siswa diperkirakan akan mendaftar di MAN2 Rembang.

Andi menambahkan, ada keuntungan yang didapat dengan menggunakan sistem ini daripada manual. Penggunaan sistem akan memangkas biaya dan waktu siswa karena bisa dilakukan dari mana saja dan tidak perlu datang ke madrasah.

Data juga cukup lengkap termasuk akan ada rencana memasukkan berkas bukti vaksinasi. Selanjutnya jika ada data manual yang hilang bisa diambil dari database sistem karena yang diinput sudah cukup lengkap termasuk berkas-berkas yang diupload.

“Selain itu juga sebagai terobosan bagi MAN 2 Rembang dengan sistem otomatis serba digital di saat madrasah lain mungkin masih menggunakan link googleform misalnya, ” terang Andi.

Keuntungan lainnya, dengan akun yang telah dibuat untuk mendaftar, siswa bisa mengecek status pendaftarannya apakah diterima atau tidak. Jika ia dinyatakan diterima, maka fitur daftar ulang akan aktif. Sebaliknya kalau tidak menyala (aktif) maka dinyatakan tidak diterima.

“Setelah dinyatakan diterima, siswa yang  bersangkutan harus melakukan konfirmasi pada sistem. Apakah tetap lanjut ke MAN 2 Rembang atau tidak. Jika setuju akan muncul cetak form daftar ulang yang nantinya akan digunakan untuk daftar ulang di madrasah,” terang Andi.

Andi melanjutkan, untuk memudahkan siswa dan petugas input data, nantinya pihaknya akan membuat video tutorial proses pendaftaran siswa baru lewat sistem online.  Rencananya akan dipublish pada tanggal 1 Maret 2022 sesuai jadwal mulainya pendaftaran jalur prestasi.

“Untuk petugas input juga akan menjadi admin yang akan mengecek berkas yang telah diunggah, memastikan data yang diisi sudah benar, serta mengubah status diterima atau tidak,” pungkas Andi. – huda/iq/rf