Poskestren, Wujudkan Pesantren yang Sehat

Klaten-Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten mengadakan acara Pembinaan Pondok Pesantren dalam rangka Pembentukan Poskestren/Pos Kesehatan Pesantren yang diikuti oleh perwakilan ponpes di Klaten yang bertempat di Aula Al Ikhlas Kemenag Klaten, Selasa, (22/2).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Hariyadi dalam sambutan dan pengarahannya mengatakan, Kegiatan ini mempunyai tujuan dan harapan Terbentuk pos kesehatan pesantren bagi setiap pondok-pondok pesantren. Sebagai awal sosialisasi dilaksanakan dengan mengundang Pondok Pesantren di Kecamatan Polanharjo, Ceper dan juga Puskesmas Polanharjo, Ceper dan Jambu Kulon;

“Tahap awal di tahun 2022 ini membina 3 Kecamatan, selanjutnya bertahap setiap tahunnya hingga seluruh pondok pesantren terbentuk pos kesehatan/Poskestren,” tandas Hariyadi.

Kemenag menyambut baik dan berterima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten yang telah memberikan perhatian dan dukungan untuk menciptakan suatu tatanan kondisi agar Pondok Pesantren yang berada di Kabupaten Klaten kedepannya selalu berada di lingkungan yang sehat, kedepan tidak lagi mempunyai problem terkait dengan Kesehatan utamanya penyakit kulit.

“Pemerintah melalui undang-undang nomor 18 tahun 2019 terus berkomitmen memberikan perhatian lebih kepada pondok pesantren,” katanya.

Pembinaan Poskestren tersebut bertujuan untuk terwujudnya pesantren yang sehat, serta peduli dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan dilingkungan pondok pesantrennya, tutur Hariyadi.

“Kedepan harapannya pondok pesantren ini semakin baik dan diakui oleh semua pihak, lulusannya baik, potensi ekonomi keumatan yang ada di dalamnya ditata dengan baik sehingga kemandirian pesantren itu diharapkan akan menjadi epicentrum kemajuan masyarakat di sekitar pondok pesantren,” imbuhnya.(sm_aj/Sua)