Sambut Bulan Rajab, Ponpes Kauman Lasem Gelar Sejumlah Kegiatan

Rembang – Menyambut bulan Rajab, Ponpes Kauman, Lasem mengadakan sejumlah kegiatan. Rangkaian acara dimulai awal Februari hingga tengah Februari 2022.

Pengasuh Ponpes Kauman, Lasem, KH Zaim Ahmad Ma’shum mengatakan, kegiatan digelar tak hanya dalam rangka menyambut bulan Rajab 1443 H. Namun juga dalam rangka haflah khotmil quran, haul dan hari lahir NU ke-96.

“Kami sudah mengawali kegiatan dengan menggelar Dialog Budaya bersama Ong Kiem Shui (Imam Besar Masjid Cheng Ho Surabaya) pada 1 Februari 2022,” kata Kyai yang akrab disapa Gus Zaim ini pada Jumat (4/2/2022).

Kegiatan lainnya yaitu bahstul masail yang akan digelar pada 6 Februari 2022 di Ponpes Kauman Lasem. Forum ini akan melibatkan PCNU Lasem dan santri Lasem. Pada 9 Februari 2022, juga akan diadakanMusabaqoh ‘Ilmiyah tingkat karesidenan Pati di Ponpes Kauman Lasem.

“Ada pula kegiatan sosial, yaitu Donor darah bekerja sama dengan PMI Kabupaten Rembang yang akan kami adakan pada 10 Februari 2022 dan ro’an toleransi bersama santri dan warga pada 13 Februari 2022,” terang Gus Zaim.

Sementara dalam rangka haul masyayikh, Ponpes yang terletak di Desa Karangturi Lasem ini akan menggelar beberapa kegiatan. Yaitu semaan Alquran bil hifdzi bersama santri dan alumni, temu alumni, khotmil quran dan pengajian umum, serta tahlil di maqbaroh Mbah Ma’shoem di kompleks Masjid Jami’ Lasem.

Pengajian umum akan menghadirkan  Habib Umar Muthohar dari Semarang dan KH Miftachul Akhyar (Rois ‘Am PBNU). – iq/iq/rf