Wisata Edukasi, Siswa MAN 2 Rembang Kunjungi Museum RA Kartini

Rembang — Kegiatan pembelajaran tidak hanya dilakukan di kelas atau lingkungan sekolah saja. Pembelajaran di luar kelas bisa membuat siswa lebih antusias. Apalagi jika wisata yang bertema edukasi. Salah satu sarana pembelajaran yang bisa menjadi alternatif adalah museum.

Rombongan siswa MAN 2 Rembang melakukan kunjungan ke Museum RA Kartini di kota Rembang pada Senin (7/2/2022). Selain dalam rangka pembelajaran di luar kelas, juga sebagai sarana untuk lebih mengenal kehidupan RA Kartini yang merupakan tokoh pahlawan nasional, melalui berbagai benda peninggalannya yang ada di museum.

Guru pendamping, Muhammad Rofiun mengatakan, kunjungan ini membawa rombongan satu kelas dengan menggunakan armada bus.  “Anak-anak berinisiatif untuk iuran setiap anak sebesar tujuh ribu rupiah. Lima ribu untuk biaya transportasi pulang-pergi dan dua ribu untuk tiket masuk museum,” ujar guru sejarah tersebut.

Ya, harga tiket memang dua ribu yang tergolong murah. Dengan harga ekonomis tersebut, siswa juga mendapatkan sebuah buku panduan museum. “Selain sebagai sarana untuk lebih mengenal sosok RA Kartini, kunjungan kami juga untuk menyemarakkan wisata ke Museum RA Kartini yang digencarkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang,” imbuh Rofiun.

Rombongan siswa sebelum masuk terlebih dahulu mengisi buku hadir kunjungan dan membeli tiket. Kemudian masuk melalui pintu utama yang disambut dengan diorama gambaran keluarga besar Kartini di Jepara dan diorama lain bersama suami . Selama mengelilingi museum, siswa sangat antusias karena dipandu oleh seorang pemandu dari petugas museum yang menjelaskan tentang riwayat dan benda-benda koleksi Kartini.

Beberapa bagian dari museum yang dijelajahi di antaranya ruang pengabdian. Di dalamnya terdapat ranjang, baju, tempat rias, serta tempat merawat bayi. Setelahnya masuk ruang koleksi buku yang berisi berbagai tulisan Kartini termasuk kumpulan suratnya yang fenomenal, “Door Duiterniss Tot Licth” atau “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Selain itu juga ada ruang keluarga dan berbagai koleksi foto dan kain batik.

Museum RA Kartini yang lokasinya di sebelah timur alun-alun Rembang ini mempunyai koleksi benda-benda peninggalan RA Kartini semasa hidup di Rembang setelah dipersunting Bupati Rembang, Adipati Djojoadhiningrat. Museum tersebut dulunya merupakan tempat tinggal Kartini sampai wafatnya.(huda/iq/rf)