Awal 2022, Prestasi Siswa MTsN 2 Rembang Meningkat

Rembang – Sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar para siswa, MTs Negeri 2 Rembang membuka dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengikuti lomba baik secara mandiri maupun dikoordinir oleh madrasah. 

Kepala MTs Negeri 2 Rembang, Muhammad Yunus Anis mengungkapkan, ia sangat bangga dan mengapresiasi para siswa yang telah mengikuti lomba atau olimpiade di tingkat nasional secara online dan bahkan menyumbangkan prestasi yang mengharumkan MTs Negeri 2 Rembang. Untuk itu Yunus Anis tak pernah bosan mengingatkan  disetiap kesempatan baik secara langsung maupun melalui grup WA dinas kepada seluruh guru dan siswa. “Kami mohon untuk terus kreatif dan inovatif dalam rangka meningkatkan motivasi belajar para siswa,” kata Anis dalam apel pagi dan penyerahan penghargaan di halaman MTs Negeri 2 Rembang (Senin, 14/03/2022).

Anis mengatakan, kegiatan ini sangat positif sekali di dalam mencerdaskan anak-anak bangsa.  Kontribusi siswa melalui kegiatan dan event ini menjadi momentum untuk menjalin kebersamaan antara para orang tua, guru dan siswa dalam meningkatkan kualitas akademik maupun non akademik  melalui kegiatan lomba.

Ditambahkan Yunus Anis, dari hasil pantauan data prestasi siswa yang ada di D-PDM (Data Peserta Didik Madrasah) Kementerian Agama Jawa Tengah dalam tahun 2022, sejak bulan Januari hingga saat ini (14/3/2022) telah tercatat 346 prestasi yang telah diperoleh siswa MTs Negeri 2 Rembang, baik prestasi akademik maupun Non Akademik. “Kegiatan ini memberikan suatu harapan bagi siswa.  Untuk itu saya menginginkan pelaksanaan kegiatan seperti ini bisa ditingkatkan,” ungkapnya.

Dyna Muffa Sholikah, selaku guru koordinator mengatakan, untuk mewujudkan prestasi pada siswa MTs Negeri 2 Rembang dibutuhkan kebersamaan, kerjasama dan solidaritas dari semua pihak. “Saya hanya berkeyakinan, bahwa pada diri siswa bahkan setiap orang tentunya memiliki keinginan untuk mengukir tinta emas dalam hidupnya, termasuk dalam hal prestasi,” ungkapnya. 

Lebih lanjut Dyna menyampaikan berbagai kesulitan yang dilalui dalam membimbing siswa melalui daring.  Hal yang paling sulit menurut Dyna adalah mencari siswa yang berminat ikut lomba.  “Tak jarang saya harus “blusukan” ke kelas-kelas dan mengumumkan lewat media WhatsApp mencari siswa untuk diikutkan ke dalam lomba,” jelasnya.

Dijelaskan Dyna, dalam bulan Maret ini, siswa MTs Negeri 2 Rembang telah menambah catatan prestasi diantaranya berhasil memperoleh 1 medali emas di bidang Bahasa Indonesia, 3 Medali Emas mapel Biologi, 2 Medali emas mapel IPS, 1 Medali emas mapel Matematika dan 2 Medali emas Mapel Sejarah.

Sedangkan medali perak yang diperoleh meliputi Mapel Bahasa Indonesia 1 perak, Fisika 1 perak, IPA 3 Perak, IPS 3 Perak, Matematika 2 Perak, dan sejarah 1 Perak serta memperoleh 1 medali perunggu dari mapel Bahasa Indonesia.

Olimpiade tersebut diselenggarakan oleh Indonesia Science Competition (SC) pada tanggal 26 Februari yang lalu secara online dan hasilnya diumumkan pada hari selasa, 8 Maret yang lalu. (Wient/iq/rf)