Binwin, Bekali Catin Menuju Keluarga Sakinah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sedan –  Program Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Pranikah Angkatan I di KUA Kecamatan Sedan hari kedua berjalan lancar (2/3/2022). Sejumlah 34 peserta tampak berbondong-bondong memenuhi aula KUA Sedan untuk mengikuti program bimwin hari kedua. Materi dibuka oleh penyuluh agama islam non PNS KUA Sedan, Nur Khasanatun Nikmah dengan tema mewujudkan rumah tangga Sakinah.

Nikmah menyampaikan dalam mewujudkan rumah tangga yang harmonis tidak hanya dilakukan satu pihak saja melainkan kedua belah pihak agar saling melengkapi satu sama lain.  “Indikator kebahagiaan rumah tangga salah satunya adalah semakin dekat pasangan kepada Allah SWT,” katanya.

Sejumlah peserta antusias mengikuti diskusi dalam penyelesaian masalah-masalah yang berkaitan dengan keluarga. Contoh-contoh permasalahan atau konflik rumah tangga agar terhindar dari perceraian. Sehingga diharapkan nanti dalam berumah tangga dapat mewujudkan rumah tangga Sakinah.

Sri Yanti, Bidan Puskesmas Sedan menyampaikan tema Kesiapan Kesuburan dan Kesehatan Reproduksi. Calon pengantin dibekali pengetahuan tentang Kesehatan reproduksi,  penyakit reproduksi yang menular serta tes-tes yang harus dilakukan untuk calon pengantin . “Suntik TT sangat berguna untuk kehamilan. Jadi untuk calon pengantin Wanita diharuskan untuk melakukan suntik ini,” jelasnya.

“Di zaman modern ini harus ada keseimbangan antara laki-laki dan perempuan. Calon pengantin dapat melaksanakan kesetaraan gender dalam kehidupan sehari-hari. Suami harus mengayomi istrinya, jangan menganggap perempuan lemah,” tandasnya.

Narasumber lainnya, Eva Nur Latifah menyampaikan materi tentang penyiapan generasi yang berkualitas. Ciri generasi berkualitas antara lain sehat, memiliki kemampuan Bahasa, seni, kognitif, dan memiliki nilai agama.

Pesan Kesan

Acara ditutup dengan penyampaian pesan dan kesan dan penyerahan sertifikat peserta serta foto Bersama. Salah satu peserta bimwin, Ahcmat Sahroni mengatakan, program bimwin sangat bermanfaat bagi calon pengantin serta menambah pengetahuan-pengetahuan baru untuk menciptakan keluarga yang harmonis. Selain itu untuk menekan angka perceraian yang semakin meningkat.

Para peserta bimwin berterima kasih atas diselenggarakannya bimwin sebagai bekal mereka kelak mengarungi bahtera rumah tangga. Harapannya kegiatan bimwin ini dapat diselenggarakan terus untuk para calon pengantin. – ismu/iq/rf