Catin Hendaknya Kenali Karakter Masing-masing

KUA Lasem – Pasangan calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan hendaknya memahami karakter masing-masing. Harapannya, pasangan bisa memahami satu sama lain.

Penyuluh Agama Islam Fungsional Kemenag Rembang, Muthmainnah menyampaikan hal itu dalam kegitan Bimbingan Perkawinan Angkatan VI yang diadakan di Lengkowo, Kecamatan Lasem pada Rabu (30/3/2022).

Muthmainnah menyampaikan pentingnya mengenal karakter pasangan masing, sehingga pasangan bisa saling menerima. “Dua orang yang menikah itu pasti mempunyai karakter yang berbeda. Agar tercipta keharmonisan, maka keduanya harus saling memahami karakter dan saling memberi dan menerima,” kata Muthmainnah.

Muthmainnah juga menyebutkan beberapa hal sebagai persiapan nikah. Antara lain persiapan fisik dengan harapan bisa mencetak generasi yang berkualitas. Selain itu juga persiapan mental dengan memperbaiki iman dan ibadah serta ahlak yang baik. “Landasan ekonomi yang kuat juga perlu dipikirkan untuk membina rumah tangga.  Demikian pula ilmu pengetahuan dan keterampilan seperti bagaimana mengelola keluarga dan bagaimana membentuk anak yang cerdas yang sholih -sholihah,” paparnya.

Sementara Kasi Bimas Islam Kemenag Rembang, Ali Muchyidin menyampaikan 3 kunci mengarungi rumah tangga. Yaitu mawaddah (saling menyayangi), Rohmah (tak rela akan ketidakberdayaan pasangannya) dan Amanah (menjaga keluarga). Ali mengimbau kepada peserta Bimwin untuk belajar reproduksi Kesehatan.

Avara ini diikuti oleh 15 pasang calon pengantin dari Kecamatan Lasem. Kepala KUA Lasem, Subhan menyampaikan tujuan penyelenggaraan acara binwin yaitu sebagai bekal catin untuk menjalani rumah tangga sehingga tercipta keluarga samara. – abror/iq/rf