Dua Tahun Vakum, MTQ Tingkat Kota Salatiga Kembali Digelar

Salatiga — Dua tahun sempat vakum karena masa pandemi Covid-19, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kota Salatiga kembali digelar, Rabu, (16 Maret 2022).  Perhelatan MTQ terselenggara atas kolaborasi Pemerintah Kota Salatiga, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) dan Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga. Bertempat di SMA Al Azhar 30, Dukuh Ngemplak, Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, kegiatan dibuka secara resmi oleh Walikota Salatiga, H. Yuliyanto, SE, MM dan dihadiri oleh Wakil Walikota Salatiga, Dr. Muh Haris, M.Si, MM, Ketua DPRD Salatiga, Dance Ishak Palit serta pejabat forkopimda, Kepala OPD, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Kegiatan MTQ diikuti oleh 289 peserta dengan 20 cabang lomba dan 13 majelis.

Kegiatan pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars MTQ, pembacaan ayat suci Al Qurán oleh Abdul Rochim, dan sambutan-sambutan. Kabag Kesra, Jumiarto mewakili Ketua LPTQ Salatiga menyampaikan bahwa kegiatan MTQ bukan hanya sekedar lomba tapi hasil dari kegiatan ini dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Selain sebagai wahana silaturahmi, MTQ tingkat Kota Salatiga ini bertujuan untuk mewujudkan kesalehan sosial dengan mengamalkan nilai-nilai Al-Qurán dan  meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qurán. MTQ tahun ini diikuti oleh 289 peserta dengan 20 cabang dan 13 majelis. Kegiatan ini juga sudah mendapat rekomendasi dari gugus covid-19, semua yang berpartisipasi dalam kegiatan ini juga sudah vaksin dan menerapkan prokes ketat,” jelas Jumiarto.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Salatiga memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut. Dalam sambutannya Yuliyanto, menyampaikan apresiasi terhadap semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan MTQ.

“Apresiasi saya berikan kepada semua pihak yang terlibat. Kegiatan ini merupakan kegiatan mulia, sesuai dengan tema “Dengan Al-Quran mewujudkan generasi yang mandiri, sehat dan kuat”. Saya berharap di Kota Salatiga ini terwujud generasi Islami yang cerdas, sehat, tangguh demi kemajuan Kota Salatiga yang bermanfaat untuk agama, bangsa, dan negara,” tandas Yuliyanto.

Beliau juga berharap penyelenggaraan MTQ ini juga dapat bermanfaat secara sosial yakni untuk meningkatkan silaturahmi ukhuwah Islamiyah, basyariyah dan wathaniyah bagi umat Islam di Kota Salatiga. “Semoga kegiatan ini dapat menghasilkan peserta yang unggul dan dapat menjadi wakil dari Kota Salatiga ke tingkat yang lebih tinggi,” harapnya. 

Sementara itu, Kepala Kankemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman, S.Ag, M.S.I selaku Ketua LPTQ berharap kegiatan berjalan dengan lancar dan menghasilkan kafilah-kafilah yang dapat mengharumkan nama Kota Salatiga di tingkat regional, nasional, dan internasional.(Humas_Fitri-Khusnul/Sua)