IGRA Gelar Pelatihan Origami Berkarakter

Rembang  — Puluhan guru RA tampak sibuk melipat-lipat kertas menjadi sebuah bentuk yang bagus. Hasilnya, ternyata berbeda denga napa yang telah mereka pelajari selama ini. Melipat kertas origami berkat panduan dari Bayu Margiana dkk ternyata memberikan pengetahuan  dan ketrampilan baru pada puluhan guru RA ini.

Situasi ini terjadi pada kegiatan Pelatihan Origami Berkarakter yang diadakan pada Kamis (10/3/2022) di Gedung Hijau, Jl dr Sutomo, Rembang. Turut hadir dalam pembukaan kegiatan ini, Wakil Bupati Rembang, H. M. Hanies Cholil Barro, Kakankemenag Kabupaten Rembang, H. M. Fatah, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Rembang, Sya’dullah dan Pengawas Madrasah, Abdul Aziz.

Begitu pula Kakankemenag, H. M. Fatah. Mengapresiasi kegiatan positif ini untuk peningkatan kompetensi guru RA.

Ketua Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) Kabupaten Rembang, Aminah mengataka, kegiatan  ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru RA dalam mengajar siswa. “Kami pilih origami, karena ada gerak motorik untuk menjadi lebih kreatif. Ternyata ilmunya sangat baru,” kata Aminah.

Aminah berharap, dengan pelatihan ini, guru akan menjadi lebih kreatif dan professional dalam mengajar.

Sementara Sya’dullah menjelaskan, keberadaan RA di kabupaten Rembang masih banyak yang berstatus swasta. “Jumlah RA di Rembang ada 63 lembaga. Sedangkan jumlah siswanya mencapai 3.345 anak. Kami berharap, jumlah yang cukup besar bisa mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah Kabupaten Rembang,” kata Syadullah. – aminah/iq/rf