Ini Kesan Para Penyuluh atas Pembinaan Kakanwil

Rembang — Lugas, datar dan berisi. Itulah kesan dari penyampaian Kakanwil Kemenag Jateng, H Mustain Ahmad saat menyampaikan Pembinaan ASN dalam rangka Pembangunan Zona Integritas Kantor Kemenag kabupaten Rembang, Senin (21/3/ 2022) di hotel Polos Rembang.

Narasi dan argumentasi yang panjang dengan di selingi guyonan yang khas, membuat segenap peserta yang hadir dan semua Penyuluh Agama yang mengikuti via youtube merasa nyaman dan sangat antusias mengikuti sampai di penghujung acara.

Muhamad Sahal, Penyuluh Agama Islam Non PNS dari KUA Pancur saat dihubungi mengatakan, bangga bisa menjadi bagian keluarga besar Kemenag Rembang. “Aya bisa banyak belajar karena pimpinan kita adalah orang-orang yang hebat wawasan keagamaannya. Senantiasa memberi motivasi dan semangat untuk bermanfaat pada diri sendiri dan masyarakat luas,” kata Sahal.

Berbeda dengan tanggapan Endang Iswahyuni PAH dari KUA Sarang. “Sangat dalam dan rapi, pesan yang disampaikan Kakanwil. Saya mengikutinya secara utuh. Saya menggarisbawahi pentingnya kita mengenal diri kita sendiri, agar nantinya kita tahu diri, dan selanjutnya kita bisa menempatkan diri. Kalo kita sudah masuk menjadi Penyuluh Agama walaupun honornya belum mencukupi harus selalu menjaga komitmen kita sebagai Penyuluh Agama. Yakni melayani masyarakat, memberi pemahaman tentang cara beragama dan bernegara yang benar. Juga selalu mengikuti intruksi dan arahan pimpinan,” kata Endang.

Lain lagi kesan dari Suyatman Hakim, PAH dari KUA Kaliori saat di minta tanggapan pidato Kakanwil Kemenag Jateng.

“Ciri khas Kyai itu kalau pidato bikin adem dan lucu, seperti Pak Kyai Mustain itu. Beliau tidak hanya mentransfer semangat dan ilmu saja, tapi juga bisa menghibur lewat guyonan yang warnanya berbeda. Dengan metode seperti itu akan mudah tertanam di hati kita semua. Semoga  Allah memberkahi kesehatan dan panjang kepada Pak Yai Mustain, juga Pak Yai Fatah Kakamenag Rembang, pimpinan kita,” pungkasnya. (Tia/iq/rf)