Jelang Ramadan, MIN 1 Rembang Adakan Ziarah Makam Sesepuh

MIN 1 Rembang—Menyambut Ramadhan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Rembang  mengadakan Kegiatan Ziarah Kubur . Kegiatan ini merupakan upaya untuk melestarikan tradisi Ziarah Kubur.

Seluruh  Siswa-siswi Kelas IV s/d VI MIN 1 Rembang berziarah dengan didampingi oleh GTK MIN 1 Rembang di Maqbarah Sayyid Hamzah Syatho yang terletak di pemakaman Demang, Desa Sidorejo Sedan, Rembang Jawa Tengah . Ziarah ini dilakukan oleh  siswa kelas IV – VI MIN 1 Rembang dan seluruh GTK pada  Kamis (31/03/2022).

Kepala MIN 1 Rembang, Fahimi mengatakan, ziarah merupakan tradisi masyarakat Islam, utamanya di Jawa yang mempunyai makna khusus. Maka dari itu tradisi di Ziarah Kubur harus dilestarikan.

‘’Ziarah ini bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, melembutkan hati, mengingatkan kepada kematian, dan mempersiapkan diri menuju alam akhirat,’’ tuturnya.

Peserta ziarah berangkat dengan berjalan kaki Bersama- sama dari MIN 1 Rembang ke Maqbaroh Demang dengan jarak kurang lebih 1,5 Km.

Layyina Andhini siswi kelas VI mengungkapan, dengan berziarah, kita dapat  menambah kepercayaan diri saat menghadapi Ujian Madrasah. “Kami sudah belajar dengan sungguh-sungguh selain itu kami juga harus lebih mendekatkan diri dengan Allah. Salah satunya dengan kegiatan Ziarah ini apalagi sekarang ini  mendekati Bulan Ramadhan,” katanya.—Nissa/iq/rf