Jelang Ramadhan, MAN 1 Rembang Kembali Sabet Prestasi Lomba MTQ

MAN 1 Rembang — Menjelang bulan suci Ramadhan, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Rembang kembali menyabet prestasi juara 2 dalam lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat SMA/MA/SMK Se-Karesidenan Pati. Prestasi yang diraih Mukhammad Rozikhan Abdillah (XII IPS 3) ini menambah koleksi prestasi non-akademik MAN 1 Rembang di tahun 2022.

Lomba MTQ yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) JQH ASY-SYAUQ Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus ini diikuti sebanyak 23 peserta. Adapun pelaksanaan sekaligus pengumuman lomba dilakukan secara luring pada Senin (28/3/2022).

Kepala MAN 1 Rembang, Taufik  menegaskan, Rozikhan merupakan salah satu peserta didik yang sangat produktif mengharumkan nama baik madrasah.

“Kami sangat bersyukur mempunyai peserta didik seperti Ananda Rozikhan. Produktivitas prestasi yang telah dicapai semoga bisa diikuti oleh peserta didik yang lain,” tandas Taufik.

Taufik juga berpesan kepada seluruh guru untuk menggali bakat atau potensi peserta didiknya. “Penjaringan bakat atau potensi dari peserta didik, pengelompokan, dan pembimbingan merupakan tahapan mengantarkan peserta didik dalam meraih berbagai prestasi,” imbuhnya.

Rozikhan mempunyai bakat di dunia tarik suara. Menurutnya, bakat ini harus betul-betul dimaksimalkan agar menjadi ladang amal serta pahala.

“Saya merasa sangat bersyukur karena Alloh telah memberikan nikmat yang sangat banyak kepada saya terutama dalam karakteristik suara. Maka dari itu saya akan memanfaatkan betul sampai maksimal agar suara saya bermanfaat untuk semua orang,” ujar Zikhan, pemilik suara emas ini.

Guru pembimbing lomba MTQ, Abu Masaid mengatakan, bakat Rozikhan di dunia tarik suara sudah diketahui saat masih duduk di kelas X. Menurutnya, Ananda Rozikhan kerap sekali mengikuti lomba MTQ sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) sampai saat ini.

“Riwayat lomba MTQ yang pernah diikuti Ananda Rozikhan inilah yang membuat kami merasa perlu untuk membimbing dan mengikutkan dirinya dalam berbagai kompetisi MTQ di tingkat yang lebih tinggi,” lanjut Abu. – sutejo/iq/rf