Kasubag TU Monev UM di MAN 1 Rembang

Rembang — Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Rembang, Moh. Mukson melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) pelaksanaan ujian madrasah (UM) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Rembang.

Mukhson mengatakan, pelaksanaan kegiatan UM di MAN 1 Rembang berjalan tertib dan lancar.Sebelum memantau langsung ruang ujian, Mukhson melihat ruang kelas digital yang menjadi ruang panitia UM. Mukhson melihat sarana dan prasarana yang mendukung ruang kelas digital.

“Aset ruang kelas digital yang dimiliki oleh MAN 1 Rembang senatiasa harus diimbangi dengan sumber daya manusia (SDM) para guru akan pentingnya digitalisasi madrasah, ” ucapnya,Senin, (21/3).

Untuk dapat mengelola ruang kelas digital yang baik diperlukan SDM guru yang mumpuni dalam hal dunia digital. Maka dari itu ke depan kami akan melakukan survei tentang kemampuan guru dalam pembelajaran di era digital.

“Kami akan memetakan kemampuan guru madrasah berdasarkan hasil survei, sehingga tindak lanjutnya ada pelatihan guru madrasah dan bisa meningkatkan SDM guru madrasah. Kami berharap ending dari pelatihan yaitu membekali guru agar mampu membuat media pembelajaran yang interaktif, efektif, dan efisien,” lanjut Mukhson.

Sementara itu Kepala MAN 1 Rembang, Taufik melaporkan bahwa ada 147 peserta didik kelas XII yang mengikuti UM dan terbagi dalam 9 ruang ujian. Menurutnya teknis pelaksanaan UM dilaksanakan secara daring tetapi peserta didik masuk ruang ujian dan diawasi oleh pengawas.

“Kami menggunakan platform google form dan google sites yang terintegrasi dalam pelaksanaan UM. Faktor keamanan login peserta sangat kami utamakan mulai dari validasi nama, validasi nomor peserta ujian, token login soal agar tidak terjadi kecurangan dalam pelaksanaan UM,” tandas Taufik. — sutedjo/iq/rf