Keren, Siswa MTs N 4 Rembang Daur Ulang Limbah Kertas Menjadi Kerajinan

Rembang – Kertas merupakan salah satu jenis sampah anorganik lunak. Sampah anorganik adalah sampah yang sulit terurai secara alami. Kertas jika tidak dikelola dengan baik akan mencemari lingkungan. Seperti halnya sampah, plastik, kaca dan lainnya.

Di tangan siswa-siswi kelas VII MTs N 4 Rembang sampah kertas ini disulap menjadi kerajinan yang bernilai. Mereka melakukan kegiatan 3 R (Reduce, Reuse, Recycle). Dalam kegiatan ini sampah kertas didaur ulang (Recycle) untuk menjadi karya seni yang bermanfaat.

Kegiatan mendaur ulang kertas ini relevan dengan mata pelajaran prakarya kelas VII bab kerajinan. Seperti yang disampaikan oleh Guru IPA Prakarya MTs N 4 Rembang, Umayah.

Menurut Umayah, sampah kertas bisa dikelola menjadi barang berguna. “Sampah kertas bis akita kumpulkan dan kita olah menjadi barang yang bermanfaat,” kata Umayah ketika diwawancara, Sabtu (19/3/2022).

Umayah menjelaskan cara kerja daur ulang limbah kertas. Beberapa alat dan bahan yang digunakan diantarnya gunting, penggaris, lem, cutter, hiasan dan lain-lain. Pertama pengumpulan, selanjutnya pemilihan kertas, proses pembuatan bubur kertas dan tambahkan pewarna sesuai dengan keinginan. Kemudian tempatkan di cetakan dan tambahkan lem, dan terakhir dikeringkan.

“Selanjutnya dapat dibentuk menjadi bingkai foto, yang diisi dengan foto keluarga atau kata-kata motivasi (quotes),” kaya Umayah.

Salah satu siswa kelas VII mengatakan dengan daur ulang limbah kertas, mempunyai manfaat. Di antaranya mengurangi pemanasan global, bernilai ekonomis, mengurangi polusi dan lain-lain.—dwi/iq/rf