Layanan Haji Semakin Efektif dengan BPS Bipih di PLHUT Kemenag Rembang

Rembang – Guna mempermudah layanan haji kepada masyarakat, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang sudah menyediakan fasilitas loket Bank Penerima Setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPS Bipih) di Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kemenag Rembang.

Terkait fasilitas ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, H. M. Fata meminta para Kepala KUA dan Penyuluh Agama Islam untuk turut menyosialisasikannya kepada masyarakat secara langsung.

Hal itu dikemukakan Fatah dalam rapat koordinasi haji yang digelar pada Rabu (9/3/2022) di aula PLHUT Kemenag Rembang.

Fatah mengatakan, fasilitas loket BPS Bipih adalah upaya Kemenag Rembang untuk semakin mempersingkat layanan haji hanya dalam satu atap. “Mungkin masih ada masyarakat yang belum tahu keberadaan loket BPS Bipih ini, walaupun sudah gencar kita sosialiasikan. Karena itu kami minta bantuan Kepala KUA dan Penyuluh untuk sosialisasi langsung kepada masyarakat,” kata Fatah.

Fatah menambahkan, Kankemenag Kabupaten Rembang sudah melakukan banyak perubahan demi pelayanan yang prima kepada masyarakat. Di antaranya PTSP dan PLHUT. Hal ini seiring dengan pembangunan Zona Integritas.

Kasubag Tata Usaha Kemenag Rembang, Moh. Mukson menambahkan, peran Kepala KUA dan penyuluh sangat penting untuk mewujudkan optimalisasi layanan haji di PLHUT. “Banyak yang belum tahu kalua di PLHUT ada BPSnya. Kalau banyak yang sudah tahu, mereka mungkin akan memanfaatkannya,” imbuh Mukson. — iq/rf