MAN 1 Rembang Gencarkan Gerakan Kebersihan

MAN 1 Rembang — Suasana ramai, semangat gotong royong , dan antusias yang tinggi terlihat pada ratusan wajah para peserta didik Madrasah Aliran Negeri (MAN) 1 Rembang.

Pada Sabtu (19/3/2022), siswa MAN 1 Rembang mengikuti kerja bakti untuk membersihkan lingkungan madrasah. Kegiatan kebersihan lingkungan madrasah berlangsung selama hampir 2 jam mulai dari jam 09.00 sampai dengan jam 11.00 WIB. Keringat bercucuran terlihat hampir sebagian besar pada peserta didik merupakan bukti aktivitas gerakan kebersihan.

Kepala MAN 1 Rembang, melalui wakil kepala bidang kurikulum, Jliteng Pribadi mengatakan, sebelum pelaksanaan UM, seluruh peserta didik diminta membersihkan ruang kelas serta lingkungan madrasah.

“Aktivitas kebersihan peserta didik dipandu dan diarahkan oleh wali kelas, dan khusus peserta didik kelas XII setelah kegiatan kebersihan selesai maka ada kegiatan simulasi UM,” lanjut Pribadi.

Wakil kepala bidang sarana dan prasarana MAN 1 Rembang, Achmad Sodikin menjelaskan,  kegiatan kebersihan lingkungan madrasah sudah menjadi agenda berkala dari madrasah.

“Kegiatan kebersihan lingkungan madrasah kali ini selain merupakan agenda berkala dari madrasah tetapi juga agenda persiapan sebelum pelaksanaan Ujian Madrasah (UM). Hadits Nabi mengatakan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman,” lanjut Sodikin.

Zahrotul Munawwaroh (XII MIPA 1), mewakili peserta didik MAN 1 Rembang mengatakan, gerakan kebersihan lingkungan madrasah sangat penting untuk menjaga kesehatan, memperkokoh sikap kerjasama antar teman, dan peduli lingkungan alam sekitar.

“Dengan semangat tinggi, kami semua bahu-membahu membersihkan lingkungan madrasah mulai dari membersihkan ruang kelas, jendela, taman kelas, dan juga membersihkan halaman,” ujar Zahrotul. – sutejo/iq/rf