MAN 2 Rembang Sabet Juara 1 Lomba Kaligrafi se-Jateng dan DIY

MAN 2 Rembang – Huda Izzul Ma’ali, siswa kelas XI Agama MAN 2 Rembang, berhasil menyabet juara 1 Lomba Kaligrafi Tingkat Jateng-DIY.

Lomba ini diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Walisongo Semarang pada Rabu, 30 Maret 2022 kemarin.

Izzul berhasil menyisihkan berbagai peserta dari berbagai sekolah SMA-MA dari seluruh Jawa Tengah dan DIY pada babak Grand Final yang dilangsungkan secara offline di kampus UIN Walisongo.

Sebelumnya pada babak penyisihan, peserta diminta membuat satu karya dengan menulis ayat yang telah ditentukan oleh panitia. Hasil karya tersebut kemudian diunggah melalui tautan googleform yang telah disediakan panitia.

Selanjutnya diambil delapan karya terbaik dengan nilai tertinggi untuk bertarung pada Grand Final di kampus UIN Walisongo Semarang.

Huda Izzul Ma’ali siswa MAN 2 Rembang ditetapkan sebagai Juara 1 setelah mendapat skor tertinggi 185. Ia berhak mendapatkan sertifikat serta uang pembinaan.

Izzul mengucapkan rasa syukur atas keberhasilannya ini. Tidak lupa ia mengucapkan terima kasih kepada MAN 2 Rembang atas dukungan moril dan materiil serta UIN Walisongo selaku penyelenggara.

“Dengan hasil ini akan menambah lagi semangat saya dalam berlatih membuat kaligrafi. Walaupun informasi grand final agak mendadak tapi saya siap karena di rumah memang sering membuat kaligrafi,” imbuh siswa asal Sluke tersebut.

Izzul menambahkan jika ayat yang ditulis ditentukan oleh panitia, yaitu dua ayat pertama dari ayat kursi serta shalawat nariyah. Ia menggunakan khat Diwani karena bentuk khat-nya indah dan tidak ada peserta lain yang menggunakan khat ini.

“Untuk peralatan saya memakai cat acrylic, kuas, dan spidol paint marker. Sempat ada kendala saat penulisan karena saya salah membeli merk cat yang khusus untuk penulisan,” pungkasnya.

Raihan yang ditorehkan Izzul ini karena ia telah berlatih sejak lama dan sering mengikuti lomba sejak SD. Selain itu kemampuannya tersebut dimanfaatkan untuk bisnis. Ia telah membuka jasa pemesanan kaligrafi dan mahar penikahan dengan nama IZZUL KALIGRAFI. –Huda/iq/rf