MIN 2 Rembang Gelar Ruwahan

MIN 2 Rembang – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H, MIN 2 Rembang mengadakan kegiatan ruwahan pada Selasa (29/3/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman madrasah dan diikuti oleh seluruh siswa siswi dan GTK MIN 2 Rembang. Kegiatan diisi dengan pembacaan tahlil dan doa.

Kepala MIN 2 Rembang, Badrudin mengatakan, kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati bulan Sya’ban dan menyambut Ramadan. “Kalau istilah Jawa nya ruwahan,” katanya.

Koordinator Bidang Keagamaan Muhammad Chanif mengatakan, kegiatan ruwahan ini dalam rangka untuk berkirim doa kepada para pendahulu, sekaligus mengingatkan kepada kita akan betapa berharganya sebuah perjuangan. Selain itu juga dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

“Dengan harapan semangat Ramadhan mulai kita tumbuhkan, sehingga anak-anak benar-benar siap menghadapi bulan Ramadhan ini,” ujarnya.

Kelola Sampah

Selesai acara, siswa siwi secara bersama-sama membuka bekal masing-masing kemudian makan Bersama. Dilanjutkan dengan kegiatan pengisian ecobriks yaitu memotong-motong sampah plastik dari jajanan siswa siswi yang kemudian dimasukkan ke dalam botol aqua yang sudah tidak terpakai.

“Tujuannya yaitu untuk mengurangi sampah plastik dan menunjang kegiatan adiwiyata dalam pembuatan gapura dari bahan ecobriks,” kata Badrudin.

Sebagaimana diberitakan, MIN 2 Rembang akan mencanangkan program Madrasah Adiwiyata. Program ini bertujuan untuk mewujudkan madrasah berbasis lingkungan. Pengelolaan sampah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Adiwiyata ini. – tyas/iq/rf