Monitoring Pelaksanaan UM, Kakankemenag Sampaikan UM Berjalan Lancar dan Baik

Klaten – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, Hariyadi melakukan kegiatan supervisi sekaligus monitoring Pelaksanaan Ujian Madrasah TP.2021/2022 di MAN 2 Klaten, Senin, (28/3).

Hariyadi mengatakan, kami kesini guna memastikan pelaksanaan sesuai dengan aturan yang berlaku serta meninjau bagaimana kesiapan panitia sehingga ujian dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala yang mengganggu kegiatan dan konsentrasi siswa peserta ujian.

“Saya berharap pelaksanaan Ujian Madrasah ini dapat berjalan dengan baik, serta tetap pedomani POS UM dan kita doakan bersama agar UM ini lancar dan sukses hingga tahap akhir,” ujarnya

Lebih lanjut Hariyadi menegaskan bahwa Ujian Madrasah (UM) ini merupakan suatu cara untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik sesuai dengan standar kompetensi lulusan pada akhir tiap jenjang pendidikan.

Ujian Madrasah ini tentunya berfungsi untuk mengetahui capaian perkembangan murid, umpan balik untuk perbaikan proses pembelajaran, serta menjadi salah satu syarat dalam penentuan kelulusan bagi peserta.

“Semoga pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) T.P 2021/2022 tidak mengalami kendala yang berarti sehingga peserta didik bisa mengerjakan soal-soal dengan baik,” harap Hariyadi.

“Alhamdulillah pelaksanaan UM berjalan dengan baik, lancar dan sesuai dengan juknis Ujian Madrasah, baik dari perangkat UM, tempat pelaksanaan sampai peserta ujian dan juga pelaksanaan ujian bagi peserta inklusi,” tandasnya.

Lebih lanjut, dari 255 peserta didik yang mengikuti Ujian Madrasah di MAN 2 Klaten ada 4 peserta didik inklusi.

“MAN 2 Klaten merupakan satu-satunya MA/SMA di Kabupaten Klaten yang melaksanakan pembelajaran bagi peserta didik inklusi, pelaksanaannya menggunakan aplikasi JAWS,” jelas Hariyadi.

“Harapan kita bersama pelaksaan UM dapat berjalan dengan lancar dan bagi peserta didik yang mengikuti ujian dapat mengerjakan dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan,” imbuhnya.(sm_aj/Sua)