MTQ Ke-29 Tingkat Kabupaten Klaten Kembali Digelar

Klaten – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Hariyadi kukuhkan Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-29 tingkat Kabupaten Klaten, Secara seremonial MTQ dibuka oleh Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya di Pendopo Pemkab Kabupaten Klaten, Selasa, (22/3).

Kakankemenag mengatakan, syukur Alhamdulillah setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi covid 19, kali ini bisa digelar.

“MTQ tingkat Kabupaten Klaten ini sebagai ajang mencari bibit-bibit unggul qurani dan menjaring potensi untuk bisa maju ke tingkat provinsi,” tandas Hariyadi.

Untuk itulah Kemenag Klaten bersinergi dengan Pemerintah daerah Kabupaten Klaten bahwa penyelenggaraan MTQ bisa menjadi ajang pembinaan bagi para kafilah.

Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya berharap pelaksaan MTQ dapat menumbuhkan semangat cinta Alquran dari generasi milenial di Klaten. Selain itu, ia juga meminta pelatihan-pelatihan dalam membaca Alquran untuk lebih digiatkan di berbagai tingkatan usia.

“Adanya lomba MTQ ini mampu menjadi penggerak untuk mengajak umat semakin gemar membaca Alquran,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ ke 29 tingkat Klaten, Muhammad Mujab menyampaikan pelaksanaan MTQ dapat memberikan pemahaman nilai-nilai yang terkandung dalam ayat suci Alquran.

“Tujuan pelaksanaannya untuk menyeleksi qari dan qariah, hafidz, hafidzah dalam kemampuan seni membaca Alquran di wilayah Kabupaten Klaten, sehingga nanti akan di ikut sertakan pada seleksi tingkat provinsi tahun 2022, bahkan sampai ke tingkat nasional,” katanya.

Ia menyampaikan MTQ yang hanya digelar satu hari itu akan terdapat 11 cabang yang diperlombakan.

Peserta yang mengikuti lomba akan dibagi di 8 tempat yang berada di area Kantor Pemda Klaten dan SMP Muhammadiyah 1 Klaten.

Adapun cabang yang diperlombakan antara lain, cabang tilawah terdiri tiga golongan yakni golongan tilawah anak putra putri, golongan tilawah remaja putra putri, dan golongan tilawah dewasa putra putri.

Kemudian, cabang tartil Alquran (golongan tartil anak putra putri). Selanjutnya, cabang hitbul Alquran golongan tahfidz 1 juz putra putri, golongan tahfidz 5 juz putra putri dan golongan tahfidz 10 juz putra putri.

Ada juga golongan tahfidz 20 juz putra putri, golongan tahfidz 30 juz putra putri, cabang shahril qur’an (putra dan putri), cabang khot kaligrafi kontemporer (putra dan putri).

“Untuk peserta terbaik pada tingkat MTQ tingkat kabupaten Klaten ke-29 tahun 2022 panitia akan memberikan piala bergilir Bupati Kabupaten Klaten,” ungkapnya.(sm_aj/Sua)