MTs Negeri 2 Rembang Sambut Baik Siswa PKL

Rembang – MTs Negeri 2 Rembang memberikan kesempatan kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  untuk menjalani Praktek Kerja Lapangan (PKL). PKL ini memberikan pengalaman dan soft skill  tambahan bagi para siswa SMK sehingga memiliki pengalaman baru di dunia kerja. 

Mudjahidin selaku Wakamad Bidang Humas mengatakan, bahwa selama 4 tahun ini MTs Negeri 2 Rembang setiap tahunnya menerima siswa PKL dari SMK yang berada di wilayah Kabupaten Rembang. Untuk tahun ini pihaknya menerima 2 siswa PKL dari SMK Muhammadiyah Pamotan dari jurusan multimedia. 

“Kedua siswa PKL kami ditempatkan di bagian Tata Usaha untuk menangani administrasi madrasah yang saat ini hampir semuanya dilakukan secara online,” kata Mudjahidin Ketika diwawancara Kamis (17/3/2022).

Kepala Tata Usaha MTs Negeri 2 Rembang, Suryo Hadi Broto menjelaskan bahwa aktivitas siswa PKL akab melaksanakan PKL hingga April 2022. Mereka difokuskan membantu staf tata usaha dalam menyelesaikan dan memberikan layanan administrasi. Keberadaan siswa PKL di MTs Negeri 2 Rembang dirasakan manfaatnya dan sangat membantu dalam menyelesaikan beban kerja tata usaha.

Pembimbing PKL dari SMK Muhammadiyah Pamotan, Adit Wibowo saat menyerahkan kedua anak didiknya, Hasanah Rizka Wulansari dan Aini Nur Alfiatin  menyampaikan bahwa tujuan utama dari PKL adalah menjembatani keilmuan teoritis dan terapan. Harapannya, siswa bisa mengenalkan dunia kerja berdasarkan teori yang di dapat di dalam kelas. 

Adit juga berharap kedua anak didiknya dapat menerima bimbingan dari pihak madrasah.  Pihaknya akan melaksanakan monitoring terkait pelaksanaan selama PKL. “Semoga dengan kesempatan ini, siswa-siswi dapat memanfaatkannya dengan sangat baik dan bisa terus mengembangkan bidang ilmu yang diminati dan belajar di dunia kerja secara langsung. Terima kasih pada MTs Negeri 2 Rembang  yang telah membuka kesempatan ini bagi siswa-siswi sekolah kami,” katanya.

Muhammad Yunus Anis, selaku Kepala MTs Negeri 2 Rembang mengungkapkan, peran teknologi menjadi perhatian publik saat ini dan akan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Hal ini tentunya membuka kesempatan dan peluang yang cukup besar bagi SMK yang membuka jurusan informatika, seperti multimedia, jaringan komputer, desain komunikasi visual, rekayasa perangkat lunak dan lain-lain.

Yunus Anis juga berharap adanya peran aktif dan kreatifitas siswa PKL dalam mengembangkan potensi dan kemampuannya di bidang IT yang dapat diterapkan di lingkungan MTs Negeri 2 Rembang.(wient/iq/rf).