MTs Negeri 2 Rembang Siap Gelar Ujian Madrasah

Rembang – MTs Negeri 2 Rembang mempersiapkan Ujian Madrasah bagi kelas IX. Ujian ini akan berlangsung selama 8 hari mulai tanggal 21 Maret 2021. Sebanyak 156 siswa yang terdaftar sebagai peserta ujian diharapkan bisa mengikuti ujian dengan lancer.

 Kepala MTs Negeri 2 Rembang, MUhammad Yunus Anis, mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan ujian madrasah dengan matang. “Ujian madrasah dilaksanakan secara tatap muka dalam bentuk ujian tulis dan akan dilanjutkan dengan ujian praktik  berbentuk portofolio, penugasan atau bentuk lain yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran,” katanya ketika diwawancara Kamis (17/3/2022).

Yunus Anis juga mengingatkan, ujian madrasah bukan penentu kelulusan, tetapi kalau siswa tidak mengikuti ujian madrasah bisa juga siswa menjadi tidak lulus. Untuk itu ia menekankan kepada wali kelas IX agar tetap memantau kesiapan siswa dan tetap harus mengerjakan ujian dengan serius.  “Selama pelaksanaan ujian madrasah  wali kelas harus selalu memantau  dan memastikan anak-anaknya mengikuti ujian.  Dan panitia juga harus sigap dengan protokol kesehatan, jika siswa ada yang mengeluh sakit untuk segera mendapat penanganan tersendiri,” kata Yunus Anis.

Saat ditemui di ruang kerja, Henry Retno Timur selaku Wakamad bidang Kurikulum  menjelaskan, secara administrasi untuk  persiapan ujian madrasah sudah tersusun dan tercetak, dan soal ujian juga sudah diterima dalam kondisi baik.

Sebagai persiapan, akan dilakukan penataan ruangan pada Sabtu (19/03) dengan tetap mengikuti aturan protokol kesehatan. 156 peserta ujian madrasah akan dibagi dan ditempatkan menjadi 12 ruangan yang diisi sekitar 12 sampai 15 siswa.

Masing-masing ruangan akan diisi satu pengawas. Selama 8 hari siswa akan menjalani  15 mata pelajaran yang diujikan. Lebih lanjut Henry mengatakan terkait dengan kesiapan materi, masing-masing guru mata pelajaran juga telah memberikan pembekalan materi dengan mengacu pada kisi-kisi soal.

Henry menyadari walaupun tidak semua siswa MTs Negeri 2 Rembang memiliki kemampuan akademik yang baik, namun ia tetap berharap semuanya bisa mendapatkan hasil ujian madrasah yang baik. Selanjutnya bisa meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. (Wient/iq/rf)