MTsN 2 Rembang Kantongi 3 Nominasi Festival Literasi

Rembang –  Festival Literasi Nasional merupakan acara yang memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK sederajat untuk menghasilkan karya, meningkatkan kompetensinya, dan memfasilitasi hasil penerbitan secara nasional menjadi buku ber-ISBN. 

Acara yang digelar sepanjang tahun yang diselenggarakan oleh Nyalanesia telah menciptakan ruang yang mempertemukan pegiat literasi dan pendidikan di seluruh Indonesia. Kegiatan yang berjalan selama satu tahun yang diawali sejak bulan Maret 2021 yang lalu telah berakhir pada puncak acara yang diselenggarakan secara virtual selama tiga hari dari tanggal 8-10 Maret 2022.

Pada acara tersebut telah diumumkan secara resmi para pemenang yang masuk dalam nominasi.  Dari beberapa kategori, MTs Negeri 2 Rembang berhasil lolos dalam 3 kategori. Kasifatul Akmalia, siswa kelas 8 masuk dalam nomine Puisi Siswa, Endang Basuki Asih, S.Pd, guru MTs Negeri 2 Rembang masuk dalam Nomine Puisi guru dan website literasi MTs Negeri 2 Rembang juga berhasil masuk dalam Nomine Website Literasi Nasional.  

Guru Koordinator Literasi MTs Negeri 2 Rembang, Slamet Winarto mengatakan, Festival Literasi Nasional ini diikuti oleh 1.570 sekolah dengan rincian 476 SD/MI, 146 SMP/MTs, dan 437 SMA/SMK/MA. Adapun jumlah peserta siswa dan guru yaitu 203.796 orang. Rinciannya, 24.703 siswa SD/MI, 20.380 siswa SMP/MTs, dan 27.985 siswa SMA/SMK/MA. Sedangkan guru diikuti 1.310 guru SD/MI, 2.458 guru SMP/MTs, dan 1.864 guru SMA/SMK/MA.

“Festival Literasi merupakan rangkaian program Gerakan Sekolah Menulis Buku, sehingga dalam kegiatan ini Koordinator terus memacu dan memotivasi guru dan siswa untuk dapat berkarya,” kata Slamet. 

Lebih lanjut Slamet Winarto menyampaikan, MTs Negeri 2 Rembang mengirimkan 50 karya Puisi siswa, 10 karya puisi guru, dan 5 karya artikel guru. Di samping itu guru dan siswa juga dilibatkan secara aktif untuk mengikuti workshop literasi mandiri secara online.

Kategori lain yang diikutkan adalah website literasi, Teacher Literacy Award, Festival Budaya dan Adi Acarya Award.  Dalam Adi Acarya Award, MTs Negeri 2 Rembang mengikutkan 5 buku yaitu, 1 buku Antologi Puisi Karya Siswa dengan 50 penulis, 1 Buku Novel Karya Siswa atas nama Kasifatul Akmalia, 2 Buku Novel Karya Slamet Winarto dan 1 Buku Antologi Puisi Karya Dina Muffa Sholikhah guru MTs Negeri 2 Rembang. Kelima buku tersebut telah dicetak dan diterbitkan menjadi buku ber-ISBN.

Sementara itu, Kepala MTs Negeri 2 Rembang, Muhamad Yunus Anis mengapresiasi acara penganugerahan ini adalah wujud apresiasi terhadap semangat literasi yang dilakukan sekolah/madrasah. “Program ini menjadi sebuah platform yang menyajikan puluhan program literasi terintegrasi yang memfasilitasi akademisi Indonesia untuk menerbitkan karya, belajar dan mengasah kompetensinya, serta meningkatkan karir, prestasi, dan kebermaknaan hidupnya. Pihak madrasah juga merasa bangga atas pencapaian ini. Semoga hal ini menjadi inspirasi bagi semua untuk terus semangat mengasah kemampuan literasi kita,” ungkapnya. (Wient/iq/rf)