MTsN 3 Rembang Gelar Bimtek Penyusunan Soal HOTS

MTsN 3 Rembang — Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Rembang mengadakan Bimbingan Teknis Penyususnan Soal HOTS dan persiapan Madrasah penggerak kurikulum 2022. Acara ini digelar pada Sabtu (26/03/2022)

Bimbingan teknis diikuti oleh 65 guru MTs N 3 Rembang, MTs Riyadhotut Tholabah Sedan dan MTs Al Anwar Sarang. Bertindak selaku narasumber yaitu Hidayatun.

Kepala MTsN 3 Rembang, Masrum, berharap, guru bisa menyerap materi yang diberikan narsum.

 “Terima kasih saya sampaikan kepada nara sumber yang sudah meluangkan waktu untuk datang ke Madrasah ini. Mari belajar bersama bagaimana caranya menyusun soal HOTS. dan saya sangat berharap bapak igu guru mampu menyerap segala materi yang di sampaikan nara sumber nantinya,” katanya.

Hidaytaun menyampaikan, masih banyak pengajar dan guru madrasah yang belum bisa membuat soal HOTS. Padahal saat ini kita harus bisa membuat soal yang tidak teks book tetapi soal yang memeprlukan jawaban berupa proses berpikir yang komprehensif dari siswa. “Jangan sampai guru membuat soal yang jawabannya sudah ada di soal. Akan tetapi jawaban itu berupa daya pikir dan daya nalar dari siswa,” paparnya.

Waka kurikulum, Mukhoyaroh mengatakan, kegiatan seperti ini sangatlah perlu, karena ilmu sangat cepat berkembang. Guru diminta tidak pasif dan puas hanya dengan ilmu yang dimilikinya. 

“Kegiatan seperti ini kami rasa sangat dibutuhkan. Kami rasa sangatlah perlu bila diadakan secara berkelanjutan. Sehingga ilmu guru senantiasa juga berkembang mengikuti kebutuhan peserta didik dalam membuat evaluasi pembelajaran,” ungkapnya.

“Guru MTsN 3 Rembang memang sangat membutuhkan pengembangan ilmu agar MTs n 3 Rembang mampu menjadi Madrasah penggerak kurikulum 2022,” pungkasnya. –boerhan/iq/rf