MTsN 4 Rembang Adakan PTS Berbasis Android

MTsN 4 Rembang – Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 terus melakukan inovasi kea rah yang lebih baik. Di antaranya pada penilaian tengah semester (PTS) genap. Pada semester genap ini, pelaksanaan PTS genap di MTsN 4 Rembang dilaksanakan secara tatap muka 50% kehadiran siswa dengan menggunakan android untuk kelas VII dan VIII. Pelaksanaan PTS ini rencananya berlangsung mulai dari tanggal 14 sampai 22 Maret 2022 yang terbagi ke dalam dua shift.

Sistem PTS berbasis android ini bertujuan untuk efisiensi anggaran serta sebagai bentuk penerapan upaya pengurangan penggunaan kertas (reduce).  Hal ini terkait dengan MTsN 4 Rembang yang sudah termasuk madrasah adiwiyata.

Kepala MTsN 4 Rembang, Teguh Santosa mengatakan, pelaksanaan PTS berbasis android merupakan bentuk inovasi dari madrasah yang peka perkembangan zaman.

“Pada penilaian tengah semester genap ini, kami memiliki terobosan dengan menggelarnya secara online berbasis android  namun  para siswa tetap mengerjakannya di madrasah,” kata Teguh Ketika diwawancara Senin (14/3/2022).

Ketua pelaksana, yang juga wakakurikulum MTsN 4 Rembang, Yasrun menjelaskan, pelaksanaan PTS terbagi dalam dua shift, yaitu pagi dan siang. Hal ini sebagai bentuk upaya penerapan protokol kesehatan. Semua peserta menggunakan HP masing-masing. Peserta juga tidak perlu membeli kuota pulsa karena di setiap kelas sudah terpasang wifi.  

Sementara bagi siswa yang tidak memiliki HP berbasis android atau HP dapat mengerjakan soal PTS di Laboratorium Komputer. (eh/iq/rf)