MTsN 5 Rembang Sukseskan Gerakan Pungut Sampah

(MTs N 5 Rembang) – Sampah menjadi masalah yang tak pernah selesai dibicarakan. Meski setiap hari diupayakan pembersihannya, sampah tetap memenuhi permukaan bumi.

Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Kecamatan Sale secara serempak memperingatiinya pada Jum’at 11 Maret 2022. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan seluruh instansi baik dari Kantor Kecamatan, Pemerintahan Desa, Kepolisian, Koramil, Pelajar mulai tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK.
Termasuk MTsN 5 Rembang ikut berperan aktif dalam kegiatan ini.

Perwakilan dari siswa – siswi MTsN 5 Rembang sangat senang akan kegiatan Gerakan Pungut Sampah (GPS) ini. Mereka bisa mengamalkan slogan Kebersihan sebagian dari iman. Mereka juga senang karena dapat bermanfaat bagi orang lain dan lingkungannya.

Dalam Gerakan Pungut Sampah ini, peserta melakukan pengumpulan dan pemilihan sampah dari rumah tangga, Gerakan bersih-bersih di lingkungan rumah, kantor serta melakukan penimbangan sampah dan residunya dan dibuang kedalam kontainer yang telah di sediakan oleh Kecamatan Sale.

Selanjutnya kegiatan pungut sampah ini dilakukan di Lingkungan sebelah timur lapangan Sale, yaitu Dukuh Sidoreji, dan ke Barat yaitu Dukuh Anjangsana dan Pasar Sale.

Dalam kegiatan ini di bagi tugas. Untuk SD/MI kantor Pemerintahan Desa bertugas ke arah timur dan SMP/MTs/SMA, SMK kesebelah Barat.

Camat Sale Moh Imron mengatakan, di masa pandemi covid 19 ini, pembiasaan hidup bersih dan sehat harus terus digalakkan. Masyarakat diimbau untuk melakukan tahapan faksinasi 1 sampai dengan 3. “ Sehingga kalau semua sudah melaksanakan vaksinasi maka kegiatan di masyarakat dan di instansi-instansi akan bisa 100%,” tegas Imron.
Kepala MTsN 5 Rembang, Warsan bangga dan bahagia melihat semangat siswa-siswi dalam kegiatan Gerakan Pungut Sampah (GPS) memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Warsan memberikan dorongan motivasi agar siswa-siswi madrasah menjaga pola hidup bersih dan sehat.
“Alhamdulillah anak-anak dan pendamping semangat semua. Terima kasih telah peduli lingkungan di Hari Peduli Sampah Nasional ini,” tulisnya di WhatsApp Groups MTs Neegeri 5 Rembang.

“Kerja bakti seperti ini harusnya setiap bulan sekali dilaksanakan biar mengedukasi masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan,” usul Zulfatul Laela saat kerjabakti. –habibie/iq/rf