OSIS MAN 2 Rembang Gelar Pelatihan Public Speaking

Rembang — Berbicara di depan umum bukanlah hal yang mudah dan seringkali dianggap remeh. Padahal untuk bisa mempunyai kemampuan tersebut dibutuhkan latihan dan proses yang tidak singkat. Dengan kemampuan berbicara di depan umum orang akan bisa menyampaikan atau berbicara dengan lancar.

Untuk menghadapi tantangan tersebut, OSIS MAN 2 Rembang menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Public Speaking MAN 2 Rembang Tahun 2022″ pada hari Sabtu (5/3/2022) bertempat di ruang kelas MAN 2 Rembang dengan tajuk “Speak Your Mind“.

Narasumber yang memberikan materi adalah Ahmad Difa Aabidul Fata. Peserta kegiatan ini terdiri dari pengurus OSIS dan anggota ekstrakulikuler jurnalistik MAN 2 Rembang. Acara berlangsung dengan lancar, meriah, dan para peserta antusias menyimak.

Difa memaparkan, sebuah kepercayaan diri atau self confidence mutlak harus dimiliki oleh seorang pembicara atau speaker. Seorang pembicara yang baik hendaknya handal dalam merencanakan, menyusun, serta men-direct materi yang akan disampaikan.

“Sebenarnya berbicara di depan khalayak umum itu menyenangkan, bukan menegangkan. Public Speaking juga bukan sekedar bicara, tapi juga menyampaikan pendapat,” ujar Dafa.

Ia menambahkan jika seorang pembicara yang baik harus mampu menganalisa dan mengenali karakter audiensnya. Hal ini bisa dilakukan dengan memperhatikan dari segi usia, gender, serta latar belakang para pendengarnya. Selain itu juga harus memperhatikan intonasi, power, serta pitch.

Sikap dan gestur tubuh yang baik juga penting dalam menunjang kesuksesan dalam berbicara di depan umum. “Kesuksesan dalam public speaking dapat diukur dari sampainya pesan kepada para pendengarnya,” imbuh Dafa.—huda/iq/rf