Pengawas Adakan PKKM dan Monev Guru di MAN 1 Rembang

MAN 1 Rembang — Tim pengawas dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang mengadakan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PPKM) serta Monitoring dan Evaluasi (MONEV) administrasi guru MAN 1 Rembang Tahun 2021. Giat ini diadakan pada Selasa (8/3/2022). Bertempat di ruang kelas digital, tim pengawas yang terdiri dari Nur Kholis, Tasi’ah Khoiriyah, serta Agung Suharto melaksanakan tugas PKKM dan monev dari pukul 08.30 WIB sampai selesai dengan lancar. Sebanyak 50 guru baik ASN dan Non-ASN menjadi sasaran monev.

Dalam sambutan pembukaan, Kepala MAN 1 Rembang, Taufik menyampaikan, sudah menjadi tugas dari tim pengawas untuk melakukan monitoring, evaluasi administrasi guru dan penilaian kinerja kepala madrasah.

“Selama pandemi kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan secara daring, kami selaku kepala madrasah dalam melakukan supervisi guru dengan cara masuk grup whatsapp kelas untuk memantau aktivitas KBM. Selain itu kami juga merintis serta menyiapkan 4 ruang kelas digital sebagai bentuk riil usaha pengembangan KBM di era milenial,” tandas Taufik.

Sementara itu Tasi’ah Khoiriyah yang mewakili tim pengawas dalam sambutannya menyampaikan, kedatangan tim pengawas ke MAN 1 Rembang tidak lain adalah melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawas yaitu melakukan monitoring, evaluasi kinerja guru dan melakukan penilaian kinerja kepala madrasah.

“Kami haturkan terimakasih atas sambutan Bapak/Ibu Guru MAN 1 Rembang dalam menyambut kedatangan kami. Adapun teknis penilaian hari ini adalah saya dan Pak Agung melakukan penilaian kinerja kepala madrasah, dan Pak Nur Kholis yang melakukan monitoring serta evaluasi administrasi guru yang terdiri atas buku kerja 1-4,” terang Tasi’ah.”

Dari hasil PKKM dan monev, jika nanti ditemukan adanya kekurangan dalam beberapa unsur penilaian akan kami sampaikan dan kami akan memberikan solusi, saran, dan bimbingan sehingga kegiatan PKKM dan monev di tahun mendatang menjadi lebih baik lagi,” lanjut Tasi’ah.

Turut hadir dalam pembukaan PKKM dan monev yaitu Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, guru, serta Staf Tata Usaha MAN 1 Rembang. –sutedjo/iq/rf