Pengisian RDM Semester Genap  Kelas 9 MTs N 2 Rembang Telah Rampung

Rembang –  Pengisian Rapor Digital Madrasah (RDM) kelas 9 semester genap MTsN 2 Rembang telah kelar. RDM ini telah diisi oleh setiap guru mapel dan terpenuhi pada Selasa (15/3/2022).

Operator RDM MTsN 2 Rembang, Akhmad Kholil mengatakan, dari pantauannya beberapa hari terakhir ini wali kelas dan guru mata pelajaran disibukkan dengan pengolahan dan pengisian hasil belajar peserta didik pada aplikasi Raport Digital Madrasah (RDM). RDM ini Sebagai penyempurnaan aplikasi serupa sebelumnya yaitu Aplikasi Raport Digital (ARD) yang telah dikembangkan oleh Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Kepala MTs Negeri 2 Rembang, Muhammad Yunus Anis berpesan,  guru harus hati-hati dan teliti dalam melakukan pengisian RDM, jangan sampai ada kesalahan dalam penulisan nilai. “Apabila telah selesai melakukan pengisian nilai maka sebaiknya dilakukan pengecekan kembali atas apa yang telah diisikan. Cek kembali nilai yang telah diisi, jangan sampai siswa merasa dirugikan,” pesannya.

Yunus Anis menjelaskan, pihaknya berusaha menyelesaikan pengisian RDM lebih awal setelah pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun kelas 9 yang telah terlaksana pada tanggal 21 Februari hingga 2 Maret yang lalu dengan maksud mengurangi beban guru. “Jangan sampai tugas-tugas yang menjadi kewajiban guru menumpuk. Apalagi di bulan Maret ini siswa kelas 9 menghadapi Ujian Madrasah dan diperkirakan juga ada kegiatan PKKM, dengan demikian beban guru akan terurai,” ungkapnya.

Sementara itu, Kaur TU Suryo Hadi Broto menambahkan,  sebagai pelaksana tugas administrasi madrasah, pihaknya juga harus ekstra hati-hati dan teliti terlebih ini menyangkut pelayanan pada siswa. “Dengan menyelesaikan RDM lebih awal, jika ternyata ada kekeliruan kita segera dapat merevisi, sehingga siswa begitu siswa lulus dan melanjutkan pendidikan tidak terjadi kendala terkait dengan administrasi siswa, terutama terkait dengan data Emis,” jelas Suryo Hadi Broto.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh guru dan wali kelas  atas kerjasamanya yang telah menyelesaikan tugasnya dengan cepat dan baik, karena ini merupakan bentuk pelayanan pada peserta didik.

Dari beberapa guru yang diwawancarai, pengisian RDM tidak ada masalah dan lebih mudah dipahami sehingga lebih cepat dalam mengisi nilai siswa “Format template nilai sudah disusun sesuai jenis kegiatan penilaian yaitu nilai pengetahuan dan keterampilan. Meliputi nilai harian, PAS/PAT, nilai portofolio, nilai proyek, nilai unjuk kerja,” Ungkap Abdur Rohman, salah satu guru MTs Negeri 2 Rembang. (Wient/iq/rf)