Siswa MAN 2 Rembang Raih Emas Olimpiade Biologi Tingkat Nasional

MAN 2 Rembang – MAN 2 Rembang kembali meraih prestasi membanggakan dalam kompetisi tingakat nasional. Siswa atas nama Amelia Ulin Nuha berhasil meraih medali emas dalam ajang Olimpiade Biologi Tingkat Nasional 2022 yang diselenggarakan oleh Lembaga Kompetisi Indonesia (LKI).

Kompetisi ini dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh siswa SMP/MTs dan SMA/MA/SMK dari seluruh Indonesia pada 12 Maret 2022 kemarin.

Nurul Chotimah, selaku guru pembimbing mengungkapkan rasa bangga dan senang atas hasil yang dicapai anak didiknya tersebut. “Walaupun masih dalam masa pandemi ternyata tidak menyurutkan anak-anak untuk berprestasi,” ujarnya saat dimintai keterangan pada Selasa (29/3/22).

Nurul menambahkan, ia membebaskan siswanya untuk mengikuti lomba yang saat ini banyak dilakukan secara daring. Ia juga membuat grup WA BIMBIO (Bimbingan Biologi) untuk mempermudah komunikasi. Melalui grup itu juga Nurul biasanya membagikan berbagai informasi lomba.

“Di setiap even lomba yang saya bagikan, saya tidak bertanya siapa yang ingin ikut atau berapa anak yang ikut. Hal ini untuk melatih mereka untuk mandiri dan bisa maju tanpa harus didikte,” imbuhnya.

Dari sistem tersebut, Nurul bisa melihat perkembangan siswa, mana yang memang betul-betul serius dalam bimbingan dan begitu juga sebaliknya. Dari situ juga ia bisa menentukan siapa saja yang nantinya akan mewakili MAN 2 Rembang dalam even-even bergengsi seperti KSN dan KSM.

Tidak ada persiapan khusus karena bimbingan juga bisa dilakukan secara daring selain bimbingan tatap muka setiap hari Sabtu. Menjelang lomba, bimbingan akan lebih intensif.

Untuk even Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang semakin dekat, ada lima siswa yang akan diikutkan dalam KSN tingkat kabupaten. Kelima siswa tersebut akan mendapat bimbingan secara intensif dan wajib belajar mandiri juga.

“Saya berharap akan banyak siswa MAN 2 Rembang yang bermunculan dalam meraih prestasi. Semoga di KSN-K dan KSM (Kompetisi Sains Madrasah) nantinya siswa kita bisa meraih juara 1 tingkat kabupaten, propinsi, dan nasional,” pungkas Nurul. – huda/iq/rf