Siswa MTsN 3 Rembang Ikuti Sosialisasi Bahaya Rokok

MTsN 3 Rembang– Sejumlah 30 siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Rembang mengikuti Sosialisasi Bahaya Rokok untuk Kesehatan yang diselenggaran oleh Puskesmas Sulang pada Selasa (15/03/2022) di MTs N 3 Rembang.

Antusiasme siswa siswi MTs Negeri 3 Rembang nampak pada raut wajah mereka saat Petugas kesehatan dari puskesmas Sulang hadir di Madrasah. Kegiatan Sosialisai ini dibuka langsung oleh kepala Madrasah, Masrum, didampingi oleh Waka bidang Kurikulum dan waka bidang kesiswaan MTs N 3 Rembang, Mukhoyaroh dan Chairur Rahmad.

Dalam sambutannya,  Masrum menyampaikan, saat ini jumlah siswa yang merokok sangat mengkhawatirkan, sehingga sangat perlu adanya informasi dan sosialisasi kepada mereka terkait bahayanya bagi tubuh. “Saat ini kebiasaan merokok pada anak sekolah sangatlah mengkhawatirkan. Karena muncul anggapan pada mereka bahwa dengan merokok akan dikatakan sebagai anak gaul dan modern, padahal itu salah. Siswa dikatakan gaul dan modern apabila dia bisa menunjukkan prestasi akademik maupun non akdemik sehingga mampu membawa nama baik madrasah maupun orang tua,” tuturnya.

Masrum juga menyampaikan harapannya agar setelah mengikuti sosialisasi ini, siswa siswi akan bisa menyampaikan kepada teman temannya yang lain, yang kebetulan tidak bisa mengikuti sosialisasi sehingga diharapkan seluruh siswa tahu akan bahaya merokok.

“Saya sangat berharap kepada seluruh siswa siswi yang saat ini hadir mengikuti sosialisasi, nantinya dapat melanjutkan informasi ini ke teman teman yang lain yang kebetulan tidak bisa mengikuti sosialaisasi ini. Harapannya ke depan nanti siswa dan orang lain mengetahui bahaya yang bisa ditimbulkan oleh rokok maupun sebangsanya,” tambahnya Masrum.

Petugas Puskesmas, Andik, menyampaikan secara rinci zat apa saja yang terkandung dalam sebatang rokok, dan bahaya bahaya yang menghantui orang yang menghisap rokok baik yang perokok aktif maupun yang pasif.

“Dalam sebatang rokok banyak sekali racun-racun yang bisa merusak tubuh ini, apalagi dalam jangka waktu yang lama. Banyak sekali organ organ tubuh yang rusak. Dampak kerusakan organ ini tidak hanya dialami oleh perokok aktif saja tetapi juga dialami oleh perokok pasif,” terangnya.

Dalam kesempatan ini, Tim kesehatan dari Puskesmas Sulang juga menunjukkan slide yang berisi tentang gambar gambar tubuh manusia dan organ tubuh manusia yang rusak dikarenakan menghirup asap rokok. –Boerhan/iq/rf