Sosialisasi e-Planning, Biro Perencanaan Kemenag RI Kunjungi Salatiga

Salatiga —- Dalam rangka meningkatkan peran perencanaan dalam penganggaran secara elektronik, terencana, tersistem dan terpadu, mulai dari pusat hingga ke daerah, Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga menghadirkan narasumber dari  Biro Perencanaan Kementerian Agama RI pada Rabu, (30/3) bertempat di Aula setempat. Hadir dalam kegiatan tersebut, Muhammad Iqbal, S.E., M.M. Perencana Ahli Madya / Koordinator Bagian Perencanaan dan Anggaran I Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Agama dan staf, Kepala Kantor Kemenag Kota Salatiga, Taufiqur Rahman, JFT Perencana Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, JFT Perencana Kemenag Kota Salatiga dan juga para pengelola aplikasi smart dari masing-masing satker dan humas. Sebelumnya, M. Iqbal dan rombongan diterima oleh Kepala Kantor dengan sambutan tim yel-yel di halaman depan untuk kemudian menuju ruang kerja kepala untuk transit. 

Acara yang dibuka dengan sambutan dari Kepala Kemenag Kota Salatiga itu, berlangsung dengan didahului ucapan selamat datang kepada rombongan yang hadir dan berterima kasih sudah menyempatkan datang ke Salatiga.  Lanjut Taufiq, Salatiga dengan segala keunikannya merupakan kota tua yang berusia kurang lebih 1272 tahun. Demikian halnya dengan kondisi fisik Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga yang juga bangunan tua dengan sarana dan prasarana yang terbatas tidak menyurutkan langkah dalam mencapai predikat WBK.  Dan terbukti, predikat tersebut dianugerahkan oleh Kemenpan RB di akhir tahun 2021 untuk Salatiga. Lebih lanjut, Kepala Kantor optimis bahwa predikat WBK yang telah diraih, setidaknya menjadi modal untuk meningkatkan kualitas sarpras melalui pengusulan rehab gedung ke Biro Perencanaan dan diharapkan bisa terealisasi di tahun 2023.

Sambutan lainnya disampaikan Kabag Biro Perencanaan M.Iqbal dengan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kemenag Salatiga yang telah meraih predikat WBK dan capaian ini merupakan bentuk implementasi dari 5 nilai budaya kerja Kementerian Agama. Di sisi lain juga merasa senang bisa hadir langsung di Salatiga, dan setidaknya bisa tahu persis kondisi Salatiga yang sebenarnya sekaligus sebagai bahan argumentasi untuk pengusulan rehab gedung di hadapan pemangku kebijakan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pendalaman materi Sosialisasi e- planning dan aplikasi smart yang dipandu oleh Setiyo Winarso, SE yang diikuti dengan seksama oleh peserta. Dan acara tersebut sekaligus mengakhiri  kunjungan Biro Perencanaan Kementerian Agama RI di Salatiga. (CC_Ulfa-Fitri/Sua)