Tahun 2022, Bimas Islam Akan Gelar Bimwin 16 Angkatan

Rembang – Sebagai upaya untuk mewujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah wa rohmah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang akan menggelar Bimbingan Perkawinan (Bimwin) sebanyak 16 angkatan pada tahun 2022.

Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Rembang, Ali Muhyidin mengungkapkan hal itu dalam acara FGD Hasil pemetaan Penyuluh Agama Islam dan Sosialisasi SE Menteri Agama nomor 5 tahun 2022. Acara ini digelar oleh Seksi Bimas Islam Kemenag Rembang pada Rabu (2/3/2022) di aula Kemenag Rembang.

Ali merinci, 16 angkatan tersebut terdiri atas 12 angkatan untuk calon pengantin dan 4 angkatan untuk remaja (pra nikah). “Total ada 16 angkatan yang akan kami adakan di semua KUA di Kabupaten Rembang. Untuk 4 angkatan remaja akan kami adakan untuk para pelajar di MAN 1 Rembang dan MAN 2 Rembang,” jelas Ali.

Untuk bulan Maret 2022, ada 6 angkatan yang terjadwal. Pertama, Bimwin di KUA Sedan yang sudah dilaksanakan pada 1-2 Maret 2022. “Selanjutnya di KUA Sarang, KUA Sale, KUA Lasem, KUA Gunem dan KUA Pamotan,” sebut Ali.

Tak hanya secara seremonial. Bimbingan perkawinan ini juga dilakukan oleh para penghulu dan penyuluh Agama Islam di masing-masing KUA ketika catin hendak menikah. Ali menyebutkan ada sekitar 500 bimwin yang dilakukan secara mandiri.

“Binwin ini sebagai upaya kami untuk mewujudkan keluarga yang sakinah dan menekan angka perceraian,” pungkas Ali. — iq/rf