Ujian Praktik MAN 1 Rembang Diadakan secara Tatap Muka

MAN 1 Rembang — Tahun pelajaran 2021/2022 telah memasuki semester Genap. Kini, peserta didik kelas XII Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Rembang harus menghadapi serangkaian ujian yang telah menanti.

Akibat pandemic, pembelajaran yang berlangsung sejak semester Ganjil lalu menggunakan system Jarak Jauh (Online). Termasuk ujian sebagai sebagai syarat kelulusan. Namun perlahan kini sudah dimulai dengan ujian tatap muka.

Ujian madrasah ini diawali dengan ujian praktik secara tatap muka bagi kelas XII yang dilaksanakan tanggal 15-18 Maret 2022. Sebanyak 147 siswa kelas XII mengikuti ujian praktik dengan tertib dan antusias. Adapun pelaksanaan ujian praktik berada di ruang kelas.

Ujian praktik yang direncanakan rampung pada Jumat (18/3) tersebut, dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Siswa selalu diimbau untuk menjaga jarak dan wajib memakai masker.

Kepala MAN 1 Rembang melalui Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Jliteng Pribadi, menyatakan, ujian Praktik 2 tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jelas hal tersebut adalah dampak dari adanya Pandemi Covid-19.

“Ujian Praktik tetap harus dilaksanakan, karena salah satu syarat kelulusan. Selain itu, agar anak-anak juga bisa mempraktikkan teori yang selama ini dipelajari. Apalagi pembelajaran selama ini secara Online. Untuk membekali mereka pada masa mendatang, juga agar mereka tidak melupakan teori yang telah didapatkan,” jelas Pribadi.

“Ujian Praktik mengawali ujian lainnya. Nantinya akan disusul Ujian Madrasah, Ujian Madrasah Berstandar Nasional, dan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Kita berharap semoga ujian demi ujian ini nanti berjalan lancar,” ujarnya.

Siti Zulaikah (XII MIPA ) mengatakan, melalui ujian praktik dirinya bisa mempraktikan materi yang telah didapatkan dari Guru, mulai dari cara membaca Al Qur’an, praktik salat, praktik salat jenazah dan sebagainya. “Agak sedikit grogi sih, sampai nge-blang hafalan saya,” kata Zulaikah. – sutejo/iq/rf