Welcome Back Jurnal PAI Jateng

Jurnal yang dikelola oleh Kanwil Kemenag Jawa Tengah yang telah terbit beberapa tahun lalu telah menjadi brand Kanwil Jawa Tengah bagi Kanwil di seluruh Indonesia. Namun, seiring musibah pandemi penerbitan jurnal tersebut berhenti untuk sementara. Masalah mata anggaran yang harus mengalami refocusing untuk penanganan dampak pandemi.

Berbagai pihak bersepakat keberadaan jurnal sangat penting sebagai wadah berbagi pengalaman terbaik, hasil penelitian, atau menuangkan gagasan tentang pendidikan islam dan keislaman. Selain itu, keberadaan jurnal sebagai bentuk publikasi ilmiah yang berguna untuk pengembangan karier bagi para pegawai.

Senin hingga Selasa, 14-15 Maret 2022 di Hotel Plaza Semarang Jl. Setia Budi, beberapa orang dari unsur pejabat Kanwil, Pengawas PAI, dan Guru PAI melakukan koordinasi. Dari unsur GPAI juga telah dibagi dari jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK. Sedianya yang diundang koordinasi adalah pejabat atau guru yang terlibat pada penerbitan jurnal yang lalu, namun karena beberapa sudah pindah tugas atau purna tugas maka diundang pendatang baru (new comer) sebagai pengganti. Hadir bersama bersama Bapak Sugeng Siswo P, S.Pd.I., M.Kom. (Kota Semarang), dan Ibu Ismiyatun Chasanah, S.Ag. (Kota Semarang).

“Saya pribadi belum tahu diundang atas dasar apa atau atas unsur apa, karena kalau tentang penulisan dan penerbitan jurnal masih tergolong “fakir”. Paling pengalaman menulis satu buku pelajaran dan dua buku tentang pendidikan yang tidak begitu rigit aturan. Namun, setelah bergabung dengan satu ruang dengan para pecinta literasi rasanya “atsmofer” pikiran berubah, ingin mengikuti jejak mereka yang mahir dalam penulisan jurnal,” ucap Marijo.

Diantara pokok bahasan tentang desain dan tata aturan penulisan jurnal yang akan diterbitkan. Perbedaan dengan jurnal sebelumnya, jika dahulu diterbitkan dalam bentuk buku (hardbook), ke depan akan migrasi e-jurnal. Kontibutor e-jurnal PAIS yang akan terbit dibuka dari seluruh insan pendidik Agama Islam atau terkait Keislaman yang berada di wilayah Jawa Tengah. Tidak hanya bagi yang sudah mahir atau terbiasa menulis jurnal, tim redaksi e-jurnal PAIS merencanakan akan memberikan bimbingan kepada para penulis yang kiranya membutuhkan bantuan hingga tulisan dapat terbit.

“Maka mari seluruh GPAI SD se-Jawa Tengah kita manfaatkan wadah ini,” tutupnya.(Marijo/Sua)