18 Siswa MAN 2 Rembang Lolos SPAN-PTKIN

MAN 2 Rembang — Sebanyak 18 siswa MAN 2 Rembang dinyatakan diterima melalui jalur SPAN PTKIN setelah sebelumnya 10 siswa diterima melalui jalur SNMPTN.

Koordinator Bimbingan Konseling MAN 2 Rembang Suyanto Pranoto mengatakan rasa senangnya atas hasil SPAN PTKIN ini mengatakan, ini hasil hasil yang patut disyukuri mengingat persaingan saat ini yang semakin ketat.

 Siswa yang lolos diterima di UIN Walisongo, IAIN Kudus, IAIN Salatiga, dan UIN Raden Mas Said. “Kami dari tim BK akan terus mengawal dan membimbing para siswa dalam persiapan menuju seleksi masuk perguruan tinggi,” imbuhnya seperti disampaikan pada Sabtu (16/4/2022) kemarin.

Suyanto menambahkan, bagi siswa yang belum diterima untuk tidak berkecil hati karena masih ada jalur lain yang bisa diikuti. Diantaranya SBMPTN, UMPTKIN, dan jalur mandiri. Ia berharap siswa-siswa lain bisa mempersiapkan diri.

“Apabila masih ada kendala atau masih belum jelas bisa berkonsultasi dengan guru BK di madrasah. Untuk yang terdekat adalah SBMPTN, semoga banyak siswa kita yang diterima,” kata Suyanto.

Sementara itu Hindria Elfanti, salah satu siswa yang lolos jalur SPAN PTKIN mengatakan rasa bersyukurnya. Menurutnya perjuangan dari kelas 10 telah terbayarkan dan lega karena sudah memiliki pegangan perguruan tinggi.

“Proses yang dilalui cukup panjang. Tentunya lebih ikhtiar dari pertama kali masuk MAN 2 Rembang. Doa, selalu optimis dan yang tidak kalah penting belajar dengan giat,” ujar Hindria saat diwawancarai.

Hindria yang diterima pada program studi Hukum Pidana Islam menambahkan tertari dengan prodi ini karena ia berharap bisa memperoleh banyak ilmu yang berkaitan dengan hukum-hukum pidana dalam Islam.

“Saya memilih UIN Raden Mas Said karena menurutnya tidak hanya diajarkan ilmu umum seperti kampus pada umumnya, namun juga dibekali ilmu agama. Ia merasa hasil yang diperolehnya ini tentu berkat kerja keras bapak/ibu guru MAN 2 Rembang yang telah mendidik dengan sangat baik.

“Semoga MAN 2 Rembang terus berkembang dan melakukan inovasi sehingga dapat bertahan dan turut membantu memajukan dunia pendidikan Indonesia, ” harap Hindria.

SPAN PTKIN merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru di bawah naungan Kementerian Agama RI yang mana kampus yang masuk seleksi merupakan perguruan tinggi Islam negeri. Setelah ini para siswa akan menghadapi seleksi tes tertulis pada jalur SBMPTN dan UMPTKIN. – huda/iq/rf